Mohon tunggu...
Imawan Anshari
Imawan Anshari Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Menyukai puisi dan menikmati fiksi

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

9 September 2023   11:46 Diperbarui: 9 September 2023   11:53 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tomat memiliki banyak manfaat yang bagus bagi kesehatan - (Foto by: Logga Wiggler)

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengalami sariawan, dan seorang teman menyarankan saya untuk mengkonsumsi tomat yang sudah matang, karena tomat dinilai punya khasiat yang bagus untuk membantu mempercepat kesembuhan sariawan yang saya alami.

Ternyata mengkonsumsi tomat ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mengobati sariawan, karena tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga diyakini bisa meredakan nyeri dan membunuh kuman sariawan.

Dan teman saya menyarankan agar tomat tersebut dikonsumsi sesuai kesukaan saya saja, entah itu dibuat sambal, dibuat jus, atau bisa juga dimakan langsung setelah dicuci bersih. Dan saya pun mencoba menuruti nasehat teman saya tersebut, alhasil sariawan saya benar-benar sembuh jadinya.

Maka sejak saat itu, jika saya mulai merasa mulut saya mengindikasikan gejala sariawan, maka saya akan segera membeli tomat untuk dimakan langsung ataupun dibuatnya menjadi jus. Dan hal ini telah menjadi salah satu solusi bagi saya dalam mengatasi sariawan.

Namun selain itu, sejatinya tomat ini memiliki banyak manfaat lain juga bagi kesehatan kita loh. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat tomat bagi kesehatan yang dapat diperoleh jika dikonsumsi secara rutin, yaitu:

  • Menjaga kesehatan mata: Tomat memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan likopen yang dapat membantu mencegah degenerasi makula dan gangguan mata lainnya.
  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi: Ternyata adanya kombinasi vitamin A dan C dalam tomat berguna untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Kandungan vitamin C dalam tomat dapat berguna juga untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah: Tomat memiliki kandungan likopen dan beta karoten sehingga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan menjaga kesehatan pembuluh darah.
  • Mencegah kanker: Tomat mengandung senyawa likopen yang dapat membantu mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru.
  • Membantu mengontrol tekanan darah: Tomat mengandung kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.
  • Mencegah penuaan dini: Kandungan likopen dalam tomat dapat membantu mencegah penuaan dini.
  • Membantu mengatasi diabetes: Tomat juga mengandung senyawa yang dapat membantu mengatasi penyakit diabetes.
  • Membantu menghilangkan sel kulit mati: Enzim yang terkandung di dalam tomat dapat membantu menghilangkan sel kulit mati sehingga wajah menjadi lebih cerah.
  • Melembapkan kulit: Kadar kalium rendah dalam tomat dapat membantu melembapkan kulit wajah.

Selain manfaat tersebut, ternyata tomat juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena kandungan folat dalam tomat memberikan manfaat untuk menjaga janin dari cacat tabung saraf, sehingga anak bisa tumbuh sehat dan optimal nantinya.

Jadi, mari kita rajin mengkonsumsi tomat secara rutin, agar kita bisa merasakan berbagai manfaat seperti yang dijelaskan di atas ya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun