Mohon tunggu...
Awang Hermawan
Awang Hermawan Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi : Mendidik, Musik, Berbagi Baik Motto : Menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama, Jalani, Nikmati, Syukuri, Berbagi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices Pemecahan Masalah Pada Materi Peluang Suatu Kejadian

24 Januari 2023   10:22 Diperbarui: 24 Januari 2023   10:33 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berbagi praktik baik dengan best practices ini merupakan tugas PPG Dalam Jabatan kategori 1 gelombang 2 tahun 2022 yang menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi Refleksi, dan Dampak) dan menerapkan sumber LK sebelumnya sehingga dapat mempercepat penyusunan. Pada pembelajaran ini saya menggunakan metode problem based learning (PBL) dengan LKPD dan berbasis pemecahan masalah Polya. 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah adanya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada soal cerita, Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena pemecahan masalah pada soal cerita berkaitan dengan kehidupan sehari -- hari dan sebagai bekal untuk menyelesaikan tugas -- tugas di jenjang kelas selanjutnya, Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab sebagai guru harus mempunyai tanggung jawab melakukan proses pembelajaran dengan baik, efektif dan berpihak pada peserta didik dengan menggunakan media, model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan, Tantangan apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yaitu kemampuan peserta didik yang kurang dalam memahami dan strategi pemecahan masalah pada soal cerita, siapa saja yang terlibat dalam tantangan ini guru matematika dan peserta didik, Aksi langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pembelajaran disini saya menggunakan sintak problem based learning (PBL) dengan 5 fase yang berurutan kemudian pada fase ke 2 saya padukan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan gaya belajarnya untuk membagi kelompok visual, auditori dan kenestetik, pada fase ke 4 peserta didik melakukan presentasi untuk berbagi praktik baik dari hasil diskusi kelompok dengan kelompok lain dan menerima, menanggapi masukkan dari kelompok lain. 

Dampak dari aksi pembelajaran ini peserta didik yang awalnya mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada soal cerita setelah dilakukan praktik baik mereka menjadi lebih terampil dan percaya diri dalam memecahkan dan menyelesaikan permasalahan soal cerita, peserta didik merasa pembelajaran yang dilakukan sangat efektif dan menyenangkan, hal ini menjadi bukti bahwa tujuan pembelajaran telah berhasil diterapkan sesuai dengan harapan dengan peserta didik mampu menuliskan penyelesaian secara runtut, memahami langkah -- langkah strategi penyelesaian masalah pada soal cerita dengan benar dan tepat. Pembelajaran dari proses ini apabila kita mau belajar, bekerja keras, disiplin, pantang menyerah, ikhlas dalam mendidik maka akan membuahkan hasil yang bermanfaat baik pada peserta didik dan dapat berbagi praktik baik pada sesama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun