Mohon tunggu...
Averoes Maf
Averoes Maf Mohon Tunggu... Goresan Pena Mengabarkan Kondisi di Balik Jeruji

Sekedar Berbagi Informasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ada Perpustakaan Berjalan

14 Agustus 2019   15:09 Diperbarui: 14 Agustus 2019   15:27 0 1 0 Mohon Tunggu...
Ada Perpustakaan Berjalan
Rutan Garut berkerjasama dengan Perpustakaan Daerah untuk fasilitas mobil keliling bagi tahanan atau warga binaan | dokpri

Sudah pernah dengar ada perpustakaan keliling menggunakan mobil? Nah kali ini ada yang lebih menarik yaitu perpustakaan berjalan. Gak harus pake BBM bisa langsung nyampe ke masyarakat, tapi masyarakat khusus yaitu yang sedang dipenjara yang selanjutnya disebut Tahanan atau Warga Binaan di Rutan Kelas IIB Garut.

Perpustakaan berjalan ini merupakan ide kepala Rutan Sukarno Ali untuk mendokrak minat baca tahanan. "Jika meraka malas mendatangi perpus, akan kita datangkan perpus ke mereka," ungkap Sukarno Ali.

Memang Kepala Rutan yang satu ini niat banget untuk bikin tahanan pinter-pinter. Sesuai kata-kata Bung Karno, bahawa setiap manusia harus punya impian maupun gagasan. Nah, untuk bisa punya impian dan gagasan dibutuhkan pengetahuan, dan jendela pengetahuan adalah buku.

Tahanan dan Warga Binaan sedang memilih buku yang diantarkan perpustakaan berjalan untuk dibaca dikamar | dokpri
Tahanan dan Warga Binaan sedang memilih buku yang diantarkan perpustakaan berjalan untuk dibaca dikamar | dokpri
Pepustakaan di Rutan Garut adalah salah satu sarana yang harus ada untuk mendukung meningkatnya minat baca dan pengetahuan bagi para Tahanan. Banyak buku yang disediakan, seperti buku cara berbisnis dan berwira usaha, berternak, bertani, kuliner, motivasi dan masih banyak lagi untuk bisa tingkatkan ide usaha para tahanan jika mereka bebas nanti.

Sejalan dengan arah kebijakan nasional 2019-2024 yang prioritas utamanya dalam hal peningkatan kualitas SDM, yaitu SDM yang andal, berkualitas dan cerdas, yang harus didukung dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan formal dan nonformal.

Situasi perpustakaan Rutan Garut | dokpri
Situasi perpustakaan Rutan Garut | dokpri
Setiap pagi para tahanan dapat secara bebas mengunjungi perpustakaan, bukan hanya mengisi waktu luang tapi juga mengisi kepala dengan ilmu pengetahuan biar SDM-nya meningkat, nggak ngulangi lagi kesalahan dan bisa usaha mandiri karena ilmu adalah pondasinya. Jadi tahanan dan warga binaan nggak boleh malas membaca.

Perpustakaan berjalan akan mendatangi tiap-tiap kamar tahanan dan menawarkan beberapa buku untuk dipinjam dengan jangka waktu tertentu. Jadi walaupun pada malam hari mereka gak bisa keluar kamar sel, sudah ada buku untuk menemani menghabiskan malam hari dikamar. Bukan hanya buku pengetahuan, ada juga loh buku novel atau komik biar tahanan nggak jenuh.

Semoga dengan adanya perpustakaan berjalan ini dapat membuat tahanan menjadi manusia yang lebih baik lagi dan dapat berperan positis di masyarakat nantinya.