Mohon tunggu...
Gde Anugrah Raditya
Gde Anugrah Raditya Mohon Tunggu... CERITA

CERITA

Selanjutnya

Tutup

Travel

Liburan Menyeberang Pulau Jawa 2.0

24 Juli 2019   09:36 Diperbarui: 31 Juli 2019   08:56 0 1 1 Mohon Tunggu...
Liburan Menyeberang Pulau Jawa 2.0
galunggung-2-1-5d40f49c097f362019070782.jpg

Liburanku kali ini mirip dengan liburanku yang dilakukan pada Desember lalu, yakni mengelilingi pulau Jawa, tetapi pada kesempatan ini, aku tidak sampai timur ke Surabaya, tetapi hanya pada bagian tengah Jawa, dan bagian tengahnya pun hanya mencakupi wilayah Kabupaten Cilacap. 

BTW, diliburan ini kami pergi dalam rute Jakarta-Cilacap-Tasikmalaya-Garut-Jakarta. Oke, segitu saja prolognya, mari kita langsung ke perjalanannya saja.

Pada hari pertama, kami meninggalkan rumah kami pada dini hari, tujuannya agar tidak macet, hehe 'modern problems require modern solutions' ya begitulah, walaupun wajah masih ngantuk ya tetapi mau gimana lagi? Setelah 30 menit perjalanan dari Jakarta ke Cilacap, kita memutuskan untuk makan di rest area, dan kami melanjutkan perjalanan setelah 15 menit melatih rahang. 

Setelah belasan jam di mobil dan beberapa stop di rest area, kamipun sampai di Cilacap, kita sampai hotel pada sore hari dan bergegas untuk istirahat dan rileks, kebetulan kami memiliki kerabat di kota Cilacap, jadi kamipun langsung pergi ke tempat kerabat kami, oh iya, saat kita sedang beristirahat, kerabat kami juga mengirim sepiring mendoan khas Cilacap, rasanya sedap. Long story short, kami bertemu dan bersilaturahmi dengan satu sama lain, dan juga makan malam.

Pada esok hari, kami langsung bersiap2 pada destinasi kedua di Cilacap, yaitu Benteng Pendem, disana kami mengelilingi benteng zaman Belanda tersebut, untungnya benteng masih dalam keadaan baik dan sudah dipreservasi dengan benar, oh iya, disini ada hidden gem yang bernama Terowongan Pendem, terowongan kecil ini berisi air laut dari saluran yang terhubung dengan pulau Nusakambangan, terowongan ini memiliki beberapa bagian yaitu koridor pusat, tempat eksekusi, dan penjara, btw air lautnya sangat tinggi, sampai selutut! dan di ujung terowongan ada tempat pembersihan dari sumur setempat. 

Setelah dari sana kamipun makan siang di gerai sepanjang panati, kami sebenarnya ingin berkapal ke pulau Nusakambangan tetapi kami tidak jadi, setelah itu, agar kami sampai tepat waktu kami lansung ke arah hotel dan makan ditengah perjalanan.

Hari ketiga, hari yang terbaik menurutku, kami berwisata di terrain pegunungan, jadi jalannya agak berbatu. di sana kami ke tempat foto dan rekreasi bernama Kemit Forest, disana kami berfoto2, setelah itu kami ke Gunung Galunggung, disana aku dan ayah menaiki 600+ anak tangga untuk naik ke puncak, ya, memang sangat melelahkan. 

Akhirnya, destinasi terakhir pada hari ketiga, namanya Kampung Naga, kami hanya berfoto2 sebentar, dan juga minum kelapa segar, karena kami sudah sangat lelah, kami langsung ke hotel.

Hari terakhir kita akhirnya pulang, tetapi sebelum pulang, kami ingin rileks dulu dari semua, kami ke pemandian air panas selama 2 jam dan akhirnya kami bergegas pulang dalam keadaan...... lelah. segitu saja cerita liburannya, SALAM!