Mohon tunggu...
Aurillia Salsabilla I_PWK_UNEJ
Aurillia Salsabilla I_PWK_UNEJ Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya mendengarkan musik dan membaca komik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perumahan Sekarang

6 Oktober 2022   00:10 Diperbarui: 6 Oktober 2022   00:14 72 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rumah memiliki banyak jenis antara lain, cluster, perumahan, apartemen, kondominum hotel, kontrakan, rumah toko, rumah kantor dan lain sebagainya. Apapun jenis rumah tujuannya juga sama yaitu sebagai tempat perlindungan diri. Dari berbagai jenis rumah, pembahasan kali ini mengenai perumahan.

Perumahan adalah kelompok rumah atau kumpulan dari beberapa rumah  yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau sebagai hunian yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana. Perumahan menjadi sarana bagi manusia untuk sarana perlindungan terhadap gangguan - gangguan eksternal, baik kondisi iklim atau cuaca, maupun terhadap gangguan yang lainnya dan juga sebagai sarana berbagai macam aktivitas hidup.

Mengapa pembangunan perumahan memiliki tempat yang strategis? Ada beberapa faktor - faktor pemilihan lokasi pembangunan perumahan. Pertama, faktor tanah atau lahan (faktor yang berhubungan dengan tanah atau lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi perumahan). Kedua faktor aksesibilitas (faktor yang berhubungan dengan jarak serta kemudahan untuk mencapai dari rumah ke suatu tempat). 

Ketiga faktor kenyamanan lingkungan (faktor yang membuat lingkungan nyaman dan aman tanpa ada yang harus ditakuti). Keempat faktor sarana dan prasarana (faktor yang berhubungan dengan ketersediaan dan kondisi sarana berupa sepeda motor, mobil, angkutan umum dan prasarana seperti sekolah, rumah sakit, pasar yang akan dijadikan lokasi perumahan memadahi). 

Apabila keempat faktor tersebut terpenuhi maka pemasaran perumahan dapat dilakukan dengan mudah. Ada juga didaerah Jember jarak beberapa meter perumahan beberapa meter lagi perumahan dengan nama dan jenis perumahan yang berbeda. 

Adapun jenis perumahan semakin banyak, di Jember sendiri ada beberapa jenis perumahan seperti residence (desain minimalis dan sederhana, ukuran dan tipe rumah yang sama, dan terletak di pinggiran kota), regency( lokasi dekat dengan kota dengan desain yang berbeda satu dengan yang lain dan cluster (rumah yang bermodel terbuka tanpa ada satupun pagar, hanya ada satu gerbang yang dilewati untuk masuk).

Sebelum membangun perumahan developer sudah pasti memikirkan bagaimana perumahan ini didirikan, saluran pembuangannya, sarana serta prasarana dan lain - lainnya. Drainase sangat penting di perumaham, drainase merupakan saluran yang digunakan untuk menyalurkan massa air yang berlebih. Supaya di jalan perumahan atau jalan raya tidak terdapat genangan air yang bisa menyebabkan banjir. 

Belum tentu semua perumahan terdapat sistem drainase yang baik dan benar. Perlu diketahui drainase dan saluran pembuangan limbah rumah tangga itu berbeda. Saluran drainase dikhususkan hanya untuk aliran air yang belum tercampur oleh limbah air, harus dipisahkan oleh limbah air berupa limbah rumah tangga. 

Kalaupun bisa perumahan itu sudaha memikirkan bagaimana cara mengelolah limbah air yang berupa limbah rumah tangga. 

Terutama limbah minyak goreng yang langsung dibuang di tempat cuci piring alangkah baiknya menggunakan suatu bubuk seperti di Jepang yang menggunakan bubuk, kemudian minyak cukup dipanaskan disuhu tertentu kemudian masukan bubuk tersebut, lalu diaduk, setelah diaduk didiamkan selama beberapa menit minyak sisa yang mau kita buang akan membeku, setelah membeku kita siapkan plastik untuk memasukan minyak yang sudah beku tersebut. 

Jika pihak perumahan sendiri sudah menyiapkan bubuk itu sendiri dan terkoordinir dengan baik, maka yang membuang limbah minyak goreng ke saluran air akan dikenakan denda. Tidak hanya sistem pembuang air saja tetapi perumahan juga memerlukan keasrian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan