Mohon tunggu...
Aura Syiffa
Aura Syiffa Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Hobi saya adalah membaca buku self improvement dan cerita fan fiction. Saya juga berminat sekali untuk belajar berbagai bahasa dan kultur dari berbagai negara. Hal lain yang saya sukai juga adalah mendengarkan musik dan menyanyi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Belajar Bahasa Inggris Melalui Hobi yang Digemari

9 Januari 2024   21:17 Diperbarui: 9 Januari 2024   21:49 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagaimana sih kita bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan? Metode apa sih yang bisa kita lakukan?

Halo, salam hangat untuk semua!

Sebelumnya perkenalkan, saya Aura Syiffa Az-zahra, seorang murid kelas 11, di SMA Negeri 3 Banjar. Disini saya ingin membagikan pengalaman saya belajar bahasa Inggris, melalui hobi yang saya sukai.

Belajar sesuatu tentu saja bukan perkara yang mudah. Tetapi belajar dengan berawal dari hal yang disukai tentu menjadi hal yang lebih menyenangkan. 

Sejak di jenjang SMP, saya gemar untuk menonton anime. Pada awal saya menonton anime, sudah semestinya saya menonton menggunakan subtitle Indonesia. Tetapi, akibat dari terbatasnya platform anime subtitle Indonesia pada saat itu, saya terpaksa menonton anime dengan subtitle Inggris.

Perasaan belum terbiasa dan tidak terlalu mengerti tak luput hilang saat awal-awal hal tersebut saya lakukan. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai terbiasa dan mengerti. Hal tersebut lumayan efektif untuk mengembangkan level bahasa Inggris saya, karena saya termotivasi untuk bisa berbahasa Inggris, dan dapat memahami hal yang saya gemari.

Selain menonton anime, saya juga gemar membaca novel dan komik China. Mendengarkan lagu bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Dan menonton drama atau variety show. Sama seperti kasus sebelumya, keterbatasan-keterbatasan yang ada menjadi sebuah awal pembelajaran bagi saya.

Dalam metode pembelajaran saya, bukan hanya bahasa Inggris yang nyatanya saya kuasai. Tetapi saya juga dapat menguasai sedikit demi sedikit bahasa Jepang dan beberapa kosakata dalam bahasa Mandarin juga Korea.

Pada intinya, setiap hobi yang kita tekuni dapat memberikan manfaat, selama kita tahu bagaimana cara memanfaatkannya lebih baik. Oleh karena itu, kepada siapapun yang ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggris, saya sarankan untuk menggunakan metode yang menyenangkan dan sesuai dengan hobi yang kalian punya. Sebab, saat kita menyatukan hobi dengan pembelajaran, proses tersebut akan terasa lebih otomatis dan alami.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun