Mohon tunggu...
M Aulia Rahman
M Aulia Rahman Mohon Tunggu... Pekerja Ibu Kota

Menyukai kehidupan urban, suka mempelajari sejarah, orientalisme, isu gender dan kesehatan mental

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Sebenarnya Ini Langkah Sederhana agar Kita Tidak PSBB Lagi

17 September 2020   17:30 Diperbarui: 18 September 2020   17:07 453 19 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebenarnya Ini Langkah Sederhana agar Kita Tidak PSBB Lagi
Suasana di dalam MRT Jakarta selama PSBB Berlangsung (Dokumentasi pribadi)

Ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimulai sejak 14 September kemarin, rupanya menimbulkan kontra terutama bagi sebagian besar pelaku perekonomian.

Dalam artikel ini rasanya tidak perlu saya jelaskan kembali bagaimana dampak keputusan Anies terhadap ekonomi di Jakarta, sudah banyak media yang mengulas dan netizen pun ikut berpendapat secara pro/kontra di platform media sosial.

Yang jelas dampaknya besar.

Kita semua tahu kalau salah satu keputusan Anies adalah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang semakin tidak terkendali, hingga kapasitas rumah sakit di Jakarta dikhawatirkan tidak mampu menampung pasien lagi.

Sumber berita: Silang Pendapat antara Anies Baswedan dan Pemerintah Pusat

Dalam fenomena pandemi ini rasanya memang kita harus memilih atau menyadarkan bahwa isu kesehatan dan isu perekonomian bisa saling berlawanan arah, walaupun kedua-duanya sama penting!

Melonjaknya kasus Covid-19 sehari-hari seharusnya menjadi refleksi bagi kita sebagai warga, apakah selama ini saya lengah menerapkan protokol kesehatan dengan benar?

Kita perlu pahami ini, selama 6 bulan pandemi hadir, di saat negara lain telah selesai dengan kasus gelombang pertamanya, Indonesia tidak ada tanda-tanda kapan gelombang pertama ini selesai.

Tentu saja kita jenuh dengan ketidakpastian ini. Belum lagi beberapa orang mengeluh berkurangnya pemasukan sampai kehilangan pekerjaan.

Bagaimana kalau kita berharap saja, PSBB kali ini adalah yang terakhir?

Apa yang harus kita lakukan sekarang, meskipun dengan sederhana, siapa tahu bisa jadi penentu keberhasilan dalam upaya menekan kasus Covid-19.

Rajin Cuci Tangan dan Pakai Masker dalam Kondisi Apapun.

Photo by engin akyurt on Unsplash
Photo by engin akyurt on Unsplash

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x