Mohon tunggu...
M Aulia Rahman
M Aulia Rahman Mohon Tunggu... Pekerja Ibu Kota

Menyukai kehidupan urban, suka mempelajari sejarah, orientalisme, isu gender dan kesehatan mental

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Memahami Arti Perjuangan dan Kejahatan Perang di Ho Chi Minh City

31 Oktober 2019   19:21 Diperbarui: 1 November 2019   07:47 0 7 4 Mohon Tunggu...
Memahami Arti Perjuangan dan Kejahatan Perang di Ho Chi Minh City
Ho Chi Minh City Hall, HCMC, Vietnam

"Perlawanan kita akan panjang dan menyakitkan, tetapi apa pun pengorbanannya, betapa pun perjuangannya, kita akan berjuang sampai akhir, sampai Vietnam sepenuhnya merdeka dan dipersatukan kembali." -- Ho Chi Minh.

Kita semua sepakat bahwa perang pasti butuh pengorbanan dari dua sisi yang bertarung, dan tentunya berjatuhan korban jiwa.

Sebagian telah menjadi sejarah, dan sebagian masih berlangsung hingga sekarang. Tapi dari sekian banyak perang yang terjadi, apa yang menurutmu paling tidak bisa dimaafkan?

Bagi saya adalah, ketika perang tersebut membunuh populasi dan menimbulkan trauma bagi masyarakat sipil.

Inilah yang dialami Vietnam.

Oh, tidak sekadar trauma... tapi merenggut masa depan dan berdampak pada generasi berikutnya.

Walaupun perang tersebut telah usai 50 tahun yang lalu, Kita masih bisa melihat dengan mata kita sendiri dan masih bisa kita raba oleh tangan kita.

*Artikel ini memuat gambar yang tidak menyenangkan. Tapi sebuah kejahatan dalam bentuk apapun, tidak akan bisa ditutupi.

Ho Chi Minh City; Kota yang dinamis, dipenuhi gedung-gedung bertingkat, ramai, jalan disesaki oleh pemotor. Begitulah hasil gambar yang akan kita dapat ketika mengetiknya di mesin pencarian Google.

Kota ini adalah yang terbesar di Vietnam. Sebelum dulunya bernama Saigon (dibaca: Sai Gong), kota ini pernah disebut sebagai Prey Nokor (kota hutan). Pantas saja, kota ini banyak pohon-pohon tinggi menjulang.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Serius, jalan kaki di Ho Chi Minh City sangat menyenangkan!

Namun, Keindahan kota ini menyimpan memori kelam yang menyesakkan dada. Yaitu perang. Karena itulah saya sejak dulu ingin mengunjungi kota ini...

Ngomong tentang Vietnam, Di belahan bumi manapun, dunia pasti tahu bahwa saat kita menyebut Vietnam, pasti yang terlintas adalah perang Vietnam, The Vietnam War.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5