Mohon tunggu...
Aulia Wijayanti
Aulia Wijayanti Mohon Tunggu... Lainnya - Aulia

Aulcantik

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Cahaya Kristal di Balik Goa

29 Januari 2022   17:15 Diperbarui: 29 Januari 2022   17:15 70 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hallo nama saya Aulia Wijayanti biasa dipanggil Aul, Penerima Beasiswa Unggulan STP Trisakti 2019. Kali ini aku mau menceritakan sebuah objek wisata alam yang sangat menarik. Yaitu Goa Kristal Kupang

Kristal? Dalam goa perhiasan? Tempat penyimpanan harta atau??? Nah sebelumnya jangan salah sangka disini yang dimaksud Kristal bukan perhiasan atau sejenisnya melainkan Bahasa kiasan yang menggambarkan sebuah kejernihan air di dalam suatu goa, dan batu Kristal yang mengelilingi kolam air tersebut seehingga bentuknya semacam kolam renang.

Goa Kristal ini memiliki luas kurang lebih 30 meter persegi, kejernihan airnya hingga berwarna biru sampai sampai kita bisa melihat dasar dari kolam ini. Ketika terdapat cahaya matahari terdapat pantulan cahaya dari air dan batu batu yang membentuk semacam Kristal inilah mengapa goa ini disebut Goa Kristal. Tidak hanya itu air dalam kolam memiliki rasa payau dan sangat menyegarkan tubuh, sehingga sangat menyenangkan jika kita datang dan berenang di goa Kristal.

Goa Kristal ini terletak di desa Bolok Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang, NTT. Konon katanya goa ini sudah ditemukan sejak zaman pendudukan Jepang di Indonesia, namun baru dikenal di kalangan wisatawan sejak tahun 2009, dan yang pertama ekplore wisata ini adalah wisatawan asing yang saat itu dipandu oleh masyarakat setempat.

Lokasi goa Kristal ini cukup mudah untuk dijangkau yaitu 30 menit dari Kota Kupang, aksesnya pun mudah untuk didapatkan jalanan yang dilewati sudah memadai dan kita hanya perlu jalan kaki sebentar untuk sampai di goa Krista.

Best time ke goa Kristal ini sekitar jam 11 siang karena jam segini cahaya matahari sangat cerah sehingga goa mendapatkan cahaya dari luar yang membuat kita takjub akan melihat pantulan cahaya dari goa indah ini. Dan pastikan cuaca tidak mendung karna jika mendung tentunya goa tidak akan mendapatkan cahaya dari celah celah goa yang pemandanganya jarang kita liat dimana mana.

Hal hal yang perlu dipersiapkan ketika berkunjung ke goa Kristal ini yaitu badan yang sehat, ya karena kita akan melakukan kegiatan berenang dan turun ke dalam goa ini cukup licin jadi pastikan baju yang kita bawa tidak meribetkan kita saat turun ke dalam goa, sehingga kita bias have fun. Selain itu persiapkan senter untuk penerangan kita dibawah dan melihat jalan lebih jelas.

Buat kita yang ingin datang ke Goa Kristal, sebelumnya persiapkan makanan snack atau sekedar minuman karena disekitar Goa Kristal tidak terdapat orang yang jualan makanan, sehingga jika kita butuh makan atau sejenisnya pastikan kita sebelum datang kesini kita harus persiapkan snack yang kita butuhkan.

Hal hal yang bisa kita lakukan di Goa Kristal yaitu berenang pastikan kita bisa benar benar berenang karena kolam disini cukup dalam, menyelam kita juga bisa menyelam dan melihat keindahan bawah air di dalam goa pastikan kita siap membawa tabung oksigen yang akan dibawa saat menyelam, foto foto di sekitaran kolam dengan pemandangan air kolam yang berwarna biru kehijauan akan menjadi foto yang estetik dan memenuhi kebutuhan sosmed kita, atau kita juga bisa hanya sekedar main main air di pinggiran kolam sambil menikmati suasana goa yang indah.

Nah untuk harga tiket sendiri disini kita cukup membayar 5000/orang dan uang parkir moto   r/mobil, selain itu ada jasa penyewaan senter 100.000/senternya tapi bagi pelancong/wisatawan ingin menggunakan jasa pemandu untuk menyelam bisa membayar seikhlasnya kepada jasa pemandu, sangat menyenangkan bukan. Goa Kristal ini bisa menjadi destinasi pilihan saat kalian berwisata ke Kupang, karena tempatnya yang sangat indah dan unik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan