Mohon tunggu...
Aulia Rachma
Aulia Rachma Mohon Tunggu... Administrasi - pejalan, bagian dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Writing is healing.

Selanjutnya

Tutup

Muda

Program PCPM Bank Indonesia

5 Maret 2014   16:05 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:13 611 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
13939849121128727186


sumber: logofreebies.blogspot.com


Siang-siang nggak ada kerjaan, jadi aku berinisiatif untuk posting aja. Kapan hari ngelihat salah satu akun penulis yang lagi menggiatkan "satu tulisan setiap hari", hmm.. Jadi pengen ikutan juga. Bingung mau nulis apaan, karena lagi nggak ada hal yang menarik-menarik amat belakangan ini. Tiba-tiba kepikiran untuk share pengalaman ikut seleksi kerja. Seperti yang udah aku tulis di postingan sebelumnya, setelah lulus, aku ikut 2 tes kerja, seleksi PCPM BI sama Kementerian Keuangan. Kali ini, aku share pengalaman sewaktu ikut tes PCPM BI dulu, untuk yang Kementerian Keuangan, aku tulis di kesempatan berikutnya yaa.. :)


Tanggal 31 Juli 2013, aku nekat ikutan daftar untuk seleksi Pendidikan Calon Pegawai Muda Bank Indonesia, atau yang biasa disebut PCPM BI. Aku nggak pernah kepikiran untuk kerja di BI sebelumnya, tapi yaa karena di spesifikasi pelamarnya BI nyebutin lulusan MSDM, yaudah nggak ada salahnya aku ikutan. Berikut tahapan-tahapan seleksinya mulai awal sampai akhir..


1. Seleksi administrasi


Ini tahapan yang awal banget. Di tahapan ini, pelamar cuma diharuskan bikin akun, ngisi form, dan upload beberapa file. Untuk selanjutnya, pengumuman disampaikan di website dan dikirim ke email kita juga.


2. TKU


Sekitar 1 bulanan nungguin, Alhamdulillah lolos seleksi administrasi dan ikutan tahap TKU alias Tes Kemampuan Umum. Waktu dateng ke tempat tes, shock banget karena yang ikutan tuh bejibuuuuuunnn buun buuuunn. Langsung deh, minder nggak karuan. Hahaha. Tapi niat udah bulat, yang penting berusaha sebaik-baiknya. Untuk ikutan tes TKU ini, nggak usah belajar apa-apa, karena tes ini menilai potensi diri kia. Jadi, cukup sediakan fisik dan mental yang prima sewaktu mengikuti tes, supaya bisa mengerjakan dengan seluruh kemampuan yang kita punya.


3. TPU dan TOEFL


Nunggu 1 bulanan lagi, keluarlah pengumuman untuk siapa-siapa yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu Tes Pengetahuan Umum (TPU) dan TOEFL. Tes Pengetahuan Umum ini materinya sekitar ekonomi makro, moneter, kebanksentralan, dan umum. Umum di sini adalah bener-bener umum, nguji wawasan kita. Aku masih inget ada pertanyaan tentang negara penyelenggara Piala Dunia, penemu facebook (atau twitter ya?). Jadi yaa, paling nggak, untuk persiapan tes ini, aku rajin-rajin belajar dengan cara berkunjung ke website nya Bank Indonesia.


Untuk tes TOEFL, ya standar kayak tes TOEFL biasanya. Ada 3 bagian yang harus kita kerjain, ada listening, reading, sama structure. Standarnya minimal 500 kalo nggak salah. Jadi, ada baiknya belajar TOEFL yang rajin mulai sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Muda Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan