Mohon tunggu...
aulia oktaviyanti putri
aulia oktaviyanti putri Mohon Tunggu... mahasiswa

Halo! Saya seorang mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Saya memiliki semangat besar dalam dunia pendidikan, kreativitas, dan teknologi. Selain berfokus pada bidang pendidikan, saya juga memiliki keahlian dalam editing dan desain digital. Saya terbiasa menggunakan berbagai aplikasi kreatif seperti Canva, CapCut, dan beberapa platform editing lainnya untuk membuat konten yang menarik dan informatif. Melalui Kompasiana, saya ingin berbagi ide, pengalaman, dan karya yang berhubungan dengan dunia pendidikan, pengembangan diri, serta kreativitas digital. Saya percaya bahwa berbagi ilmu dan inspirasi adalah salah satu cara terbaik untuk berkembang bersama.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa UNNES Wujudkan Bakti Akademisi Lewat Modul Ajar Deep Learning "Aku Mengenal Bendera Indonesia" di SD Negeri Lerep 2

4 Oktober 2025   16:46 Diperbarui: 4 Oktober 2025   16:46 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Penyerahan Modul (Sumber : Dokumen Pribadi)

Ungaran Barat --- Dalam rangka memperkuat kontribusi pendidikan dasar melalui program Bakti Akademisi, seorang mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah menyusun modul ajar Deep Learning untuk materi Pendidikan Pancasila Fase A Bab 3: "Aku Mengenal Bendera Indonesia". Modul ini ditujukan khusus untuk siswa kelas 1 SD Negeri Lerep 2, sebagai bahan ajar inovatif bagi guru dalam menyampaikan pembelajaran yang interaktif dan bermakna.

Kegiatan ini merupakan bagian dari amanah program Bakti Akademisi yang dilaksanakan sebagai bentuk nyata pengabdian terhadap dunia pendidikan. Di tengah berbagai tantangan pembelajaran di sekolah dasar, khususnya dalam mengenalkan simbol-simbol negara kepada siswa usia dini, dibutuhkan media ajar yang kreatif, menarik, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Melalui kegiatan ini, mahasiswa berupaya menghadirkan inovasi pembelajaran dengan menyusun modul ajar Deep Learning bertema "Aku Mengenal Bendera Indonesia" pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Pembuatan modul ini memiliki beberapa tujuan utama, yakni menyajikan materi pembelajaran secara kontekstual dan mendalam agar lebih mudah dipahami oleh siswa, membantu guru kelas 1 dalam menyampaikan konsep dengan metode yang aktif dan menyenangkan, serta menumbuhkan karakter cinta tanah air sejak dini melalui kegiatan belajar yang bermakna. Selain itu, modul ajar ini juga diharapkan dapat menjadi alternatif bahan ajar yang lebih variatif dan inovatif dibandingkan dengan buku teks konvensional yang selama ini digunakan di sekolah dasar.

Foto Penyerahan Modul (Sumber: Dokumen Pribadi)
Foto Penyerahan Modul (Sumber: Dokumen Pribadi)

Dalam proses penyusunannya, mahasiswa melalui beberapa tahapan penting yang melibatkan kolaborasi dengan pihak sekolah. Tahap awal dimulai dengan analisis kurikulum dan kebutuhan sekolah, di mana mahasiswa berdiskusi bersama guru kelas 1 SD Negeri Lerep 2 untuk memahami kondisi peserta didik, karakteristik pembelajaran, serta kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan tema.

Selanjutnya, dilakukan pengembangan modul ajar yang dirancang berdasarkan hasil analisis tersebut. Modul disusun dengan memuat kegiatan pembelajaran yang melibatkan eksplorasi, diskusi, refleksi, dan evaluasi. Di dalamnya juga disertakan unsur visual seperti gambar bendera dan simbol-simbol kebangsaan, serta kegiatan sederhana yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air pada siswa, seperti mengenal warna dan makna bendera Indonesia.

Setelah modul selesai disusun dan direvisi secara internal, dilakukan tahap serah terima modul ajar kepada guru kelas 1 SD Negeri Lerep 2. Penyerahan dilakukan secara simbolis sebagai bentuk kontribusi nyata mahasiswa dalam mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Guru diharapkan dapat memanfaatkan modul tersebut dalam proses belajar mengajar agar materi Pendidikan Pancasila tersampaikan dengan lebih menarik dan kontekstual bagi siswa.

Modul ajar yang dikembangkan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi berbagai pihak. Bagi siswa, modul ini menjadi sarana pembelajaran yang tidak hanya mengenalkan bentuk dan warna bendera, tetapi juga membantu mereka memahami makna serta menumbuhkan rasa bangga terhadap simbol negara. Dengan pendekatan yang kontekstual dan berorientasi pada pengalaman belajar, materi menjadi lebih menarik, interaktif, dan mudah diingat.

Bagi guru, keberadaan modul ini memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran karena berisi panduan kegiatan yang aplikatif serta memperkaya strategi pengajaran di kelas. Modul ini juga dapat dijadikan referensi tambahan untuk mengembangkan kreativitas guru dalam menyampaikan materi Pendidikan Pancasila.

Sementara bagi pihak sekolah, kegiatan ini menjadi bukti nyata hadirnya inovasi dalam dunia pendidikan dasar. Kolaborasi antara kampus dan sekolah menunjukkan komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta memperkuat reputasi sekolah sebagai institusi yang terbuka terhadap pengembangan metode belajar kreatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun