Mohon tunggu...
Aulia Faradilla Adi
Aulia Faradilla Adi Mohon Tunggu... Insinyur - Naval Architecture

Green Addict

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Backpacker ke Pulau Flores, NTT

13 Februari 2023   16:33 Diperbarui: 13 Februari 2023   16:44 1734
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perjalanan penulis ke pulau flores dimulai dengan naik kereta api dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Gubeng Surabaya menggunakan Kereta Ekonomi Sancaka. Gerbongnya nyaman dengan tempat duduk 2-2 tanpa saling berhadap-hadapan, seperti gerbong kelas bisnis. 

Harga tiket keretanya 170 ribu/orang.  Sekitar 3 jam, sampailah di Kota Surabaya. Selanjutnya penulis akan naik kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Wae Kelambu Labuan Bajo, tetapi sembari menunggu jadwal keberangkatan kapal, penulis melakukan perjalanan tipis-tipis di kota pahlawan ini. 

Dari stasiun gubeng penulis langsung menuju ke rumah makan Rujak Cingur Genteng Durasim. Makanan disini cukup enak dengan harga yang wajar. Penulis memesan rujak cingur spesial dan es teh manis.

Dokpri
Dokpri

Setelah makan, penulis menuju guest house di daerah Krembangan. Disekitar daerah ini makanannya termasuk murah, penulis jalan kaki di Jalan Ikan Gurami membeli beberapa makanan sepeti kebab, bakso dan rawon. 


Hari berikutnya ternyata kapal yang akan kami tumpangi mengalami keterlambatan keberangkatan, sehingga penulis sempat singgah ke Pasar Ampel untuk membeli kerudung, kurma dan ciput. Lalu penulis juga sempat ke Mall Tunjungan Plaza untuk membeli baju sebelum ke berangkat ke NTT.

Dokpri
Dokpri

Sore harinya, penulis menuju ke pelabuhan Tanjung Perak dikarenakan kapal akan berangkat pada malam hari. Setelah sampai, penulis lalu membeli tiket di loket yang berada di ruang tunggu penumpang, harga tiket kapalnya adalah 495 ribu/orang sudah termasuk makan. 

Penulis naik kapal Dharma Rucitra VII yang merupakan kapal terbaik untuk perjalanan ke daerah timur Indonesia. Lalu penulis melakukan check-in dan menunggu diruang tunggu yang berada didalam pelabuhan dan menuju kapal. 

Perjalanan dengan kapal menuju Labuan Bajo memakan waktu sekitar 36 jam. Fasilitas yang di dapat dalam kapal yaitu kasur, kamar mandi, mushola dan makan 3x sehari. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun