Mohon tunggu...
Aulia Faradilla Adi
Aulia Faradilla Adi Mohon Tunggu... Insinyur - Naval Architecture

Green Addict

Selanjutnya

Tutup

Trip

KKN di Desa Peternak

30 Juni 2022   17:45 Diperbarui: 30 Juni 2022   18:00 48 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada tahun 2018, penulis melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) sebagai salah satu mata kuliah wajib di Universitas Diponegoro yang lokasinya dipilih oleh universitas secara acak. 

Setelah mendaftar KKN Reguler dan menunggu pengumuman, ternyata penulis ditempatkan di Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang. Ini merupakan pertama kalinya daerah tersebut dipilih untuk program KKN di universitas, sehingga awalnya penulis tidak punya gambaran sama sekali tentang KKN di daerah  ini.

Setelah pengumuman, peserta KKN dikumpulkan sesuai dengan daerah kecamatan tempat KKN, terdiri dari berbagai jurusan maupun fakultas. Dosen Pembimbing KKN Kecamatan Sarang membagi kelompok dengan syarat maksimal 2 orang yang satu jurusan setiap kelompoknya. Setiap kelompok akan ditempatkan di satu desa. 

Disini penulis di tempatkan di Desa Sumbermulyo bersama dengan 11 mahasiswa lainnya yang terdiri dari 3 laki-laki (re, kang, wis) dan 8 perempuan (penulis, ki, yen, nov, lin, ay, win, tan). Re, Ay dan Win berasal dari Fakultas Ilmu Budaya. Kang, Ki, Yen, Lin berasal dari Fakultas Sains & Matematika. Nov dan Tan berasal dari Fakultas Peternakan & Pertanian. Wis dan penulis berasal dari Fakultas Teknik. Tan merupakan warga Rembang asli yang akan banyak membantu kelompok ketika KKN. Kami memutuskan Re menjadi ketua kelompok dan Ay menjadi sekretaris.

Dokpri
Dokpri

Sebelum berangkat, masing-masing mahasiswa menyiapkan perlengkapan yang akan digunakan selama KKN seperti laptop, jas almamater, pakaian, peralatan mandi, peralatan makan, obat pribadi dan lain-lain.

Dokpri
Dokpri

Keberangkatan dimulai dengan upacara pelepasan mahasiswa KKN di depan rektorat di hari sebelumnya, dilanjutkan dengan perjalanan ke desa menggunakan bus yang disediakan kampus. Kendaraan pribadi diangkut dengan truk. 

Perjalanan dari Semarang ke lokasi KKN memakan waktu sekitar 4 jam, melewati Demak, Kudus, Pati, Batangan dan kami berhenti di Kota Rembang karena ada acara sambutan. Desa Sumbermulyo terletak di selatan jalur pantura dan hanya berjarak sekitar 10 menit perjalanan ke Tuban, Jawa Timur.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan