Mohon tunggu...
Aulia
Aulia Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Andalas

Menulis untuk kesenangan dan berbagi

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Kebakaran Smelter di Cina: Faktor Penyebab, Upaya Pencegahan, dan Implikasi

3 Januari 2024   06:00 Diperbarui: 3 Januari 2024   06:20 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Kebakaran smelter di Cina telah menjadi isu serius yang membutuhkan perhatian mendalam. Dengan 1.320 kasus kebakaran smelter yang tercatat pada tahun 2022, serta total kerugian mencapai 14,6 miliar yuan, peristiwa ini menunjukkan dampak yang signifikan terhadap industri dan ekonomi Cina. Untuk memahami penyebab, upaya pencegahan yang dilakukan, dan implikasi dari kebakaran smelter di Cina, kita perlu mengkaji berbagai faktor yang berkontribusi pada peristiwa tersebut.

Faktor Penyebab Kebakaran Smelter di Cina

1. Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis menjadi faktor utama yang menyebabkan kebakaran smelter di Cina. Gagalnya peralatan, kesalahan operasional, dan desain yang tidak memadai menjadi sumber utama risiko. Pada banyak kasus, smelter menggunakan peralatan dengan usia tua atau kurang pemeliharaan, yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi dan meningkatkan risiko kebakaran.

Menurut laporan dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina, beberapa kebakaran smelter diakibatkan oleh kegagalan tungku yang tidak terdeteksi secara tepat waktu. Oleh karena itu, perusahaan smelter perlu meningkatkan sistem pemantauan dan pemeliharaan peralatan untuk mengurangi risiko kegagalan teknis.

2. Pelanggaran Keselamatan

Pelanggaran keselamatan juga merupakan penyebab serius kebakaran smelter di Cina. Penggunaan bahan berbahaya tanpa izin, kurangnya sistem keselamatan yang memadai, dan ketidakpatuhan terhadap protokol keselamatan menyebabkan risiko meningkat. Pemerintah Cina telah mengeluarkan regulasi yang ketat terkait keselamatan operasi smelter, namun, implementasinya di lapangan masih memerlukan pemantauan dan penegakan yang lebih ketat.

3. Bencana Alam

Bencana alam, seperti badai, banjir, atau gempa bumi, juga dapat menjadi penyebab kebakaran smelter. Meskipun Cina telah melakukan upaya dalam membangun smelter dengan tahan gempa dan mampu mengatasi bencana alam, risiko tetap ada. Perlindungan lebih lanjut dan perencanaan respons darurat yang cermat diperlukan untuk mengurangi dampak kebakaran yang disebabkan oleh bencana alam.

Upaya Pencegahan dan Regulasi Pemerintah Cina

1. Regulasi Keselamatan Operasi Smelter (2016)

Pada tahun 2016, pemerintah Cina mengeluarkan "Regulations on the Safety of Smelter Operation." Regulasi ini mencakup berbagai aspek keselamatan operasi smelter, termasuk desain, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan. Peraturan ini bertujuan untuk meningkatkan standar keselamatan di seluruh industri smelter.

2. Standar Keselamatan Konstruksi Smelter (2017)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun