Mohon tunggu...
Audry Adykusuma
Audry Adykusuma Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Hanya sekedar hobi

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Alasan Kenapa kalau Anda Ingin Menjadi Binaraga Jangan Pernah Memakai Obat-obatan

5 Januari 2023   17:43 Diperbarui: 5 Januari 2023   17:49 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Hello sehat 

Olahraga merupakan sebuah aktivitas fisik yang dilakukan oleh orang. Baik tua maupun muda. Olahraga memang banyak manfaatnya salah satunya bisa menguatkan otot dan tulang. 

Misalkan saja binaraga. menurut Wikipedia, Binaraga adalah kegiatan pembentukan tubuh yang melibatkan hipertropi otot intensif. Dengan melakukan latihan beban dan diet, memakan makanan berprotein tinggi secara rutin dan intensif, seseorang dapat meningkatkan massa otot. Seseorang yang menekuni aktivitas ini disebut binaragawan atau binaragawati. 

Di Indonesia ada beberapa atlet binaragawan yang pernah mengikuti ajang lomba. Baik di Indonesia maupun mancanegara. Tapi apakah benar, jika ingin menjadi binaraga jangan sekali-kali memakai obat-obatan seperti dianabolic atau penambah massa otot secara kimia?

Menurut informasi yang saya telusuri, ternyata menggunakan dianabolic hanya untuk berkepentingan menjadi binaraga sangatlah tidak dianjurkan. Karena mengapa? Karena kandungan dari obat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan 

Jika melebihi ambang dosis yang dianjurkan oleh dokter. Lantas kenapa? Karena, jika anda kelebihan dianabolic maka massa otot akan berlebihan artinya otot-otot akan cepat membesar secara tidak normal. Lantas apakah bisa masuk lomba? 

Sebenarnya sebelum lomba biasanya atlet tersebut tidak mengkonsumsi dianabolic, karena agar saat tes doping tidak dikatakan positif obat-obatan. Ada suatu perlombaan binaraga yang bisa dikatakan jujur dalam menjadi binaraga, yaitu Musclemania

Seperti yang dikutip, Musclemania sendiri adalah kejuaraan bodybuilding natural tanpa penggunaan bahan bahan seperti steroid anabolik, insulin, diuretik, dan hormon pertumbuhan paling bergengsi di dunia yang diselenggarakan oleh organisasi Musclemania untuk para atlet dari berbagai negara.

Bisa dikatakan memiliki otot natural. Yang artinya, jika melatih otot tanpa menggunakan obat-obatan maka massa otot akan lebih lama saat berusia tua. Maka olahraga tidak akan sia sia. Begitu juga sebaliknya, jika melatih otot menggunakan obat obatan maka otot otot bisa menghilang begitu saja saat berusia tua. Dan akan terbuang sia sia. 

Maka jika ingin menjadi binaraga pertimbangkan dahulu sebelum menggunakan obat obatan. Lebih baik natural atau tidak menggunakan obat obatan. Sebenarnya pengganti obat obatan juga banyak di temukan, seperti kacang kedelai juga bisa menambah massa otot. Atau anda bisa menggunakan whey protein. Yang terpenting jaga kualitas makanan. Agar anda bisa menjadi binaraga yang memiliki tujuan yang benar. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun