Mohon tunggu...
Audrey Arindra Alfionita
Audrey Arindra Alfionita Mohon Tunggu... Mahasiswa - UMM'18

Make it easy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembuatan Fermentasi Rumput untuk Pakan Ternak di Panti Asuhan Ulil Abshar

24 September 2021   23:37 Diperbarui: 24 September 2021   23:40 37 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembuatan Fermentasi Rumput untuk Pakan Ternak di Panti Asuhan Ulil Abshar
Dokumen pribadi

Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 39 Gelombang 11 mengadakan kegiatan program kerja yang bertujuan untuk mendampingi dan membantu aktivitas yang ada di Panti. Pembuatan pakan ternak ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang ada di Panti Asuhan karena digunakan untuk penyetokan bahan pakan untuk ternak yang dipelihara.

Kegiatan awal pembuatan pakan ternak yaitu dengan mengumpulkan sisa tanaman dan tumbuhan, kemudian sisa tanaman dikeringkan untuk mengurangi kadar air yang terdapat didalamnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan memasukkan rerumputan kedalam tong plastik dan ditutup dengan rapat tanpa udara atau yang biasa disebut proses anaerob.

Pakan merupakan salah satu faktor penting untuk keberlangsungan ternak. Fermentasi dalam prosesnya dapat meningkatkan kandungan protein pada pakan karena bantuan mikroorganisme yang dapat mengonversi pati menjadi protein. Pakan yang difermentasi akan menjadi lebih mudah dicerna serta lebih tahan lama tanpa menghilangkan nutrisi dari pakan.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan