Mohon tunggu...
Atsaniyah Khoirunnisa
Atsaniyah Khoirunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN Undip Tim I Tahun 2021/2022

Akun yang digunakan untuk publikasi Reportase program KKN

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pasien Penyakit Diabetes Perlu Perhatikan Poin-Poin Ini!

26 Januari 2022   13:00 Diperbarui: 10 Februari 2022   13:00 78 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Serpong, Kabupaten Tangerang Selatan (17/01) – Diabetes Melitus merupakan suatu penyakit tidak menular yang dapat menyebabkan kematian prematur di seluruh dunia. Diabetes merupakan penyakit gangguan metabolik berupa kadar gula darah yang melebihi batas normal. Komplikasi yang dapat ditimbulkan dari penyakit ini adalah penyakit jantung, gagal ginjal dan dapat menyebabkan kebutaan. Prevalensi penyakit diabetes dapat meningkat seiring bertambahnya usia.

Namun, penyakit diabetes melitus dapat dicegah dengan cara melakukan upaya pengendalian faktor risiko yang dapat dimodifikasi seperti berat badan berlebih, obesitas abdominal/sentral, kurangnya aktivitas fisik, hipertensi, dislipidemia, diet tidak sehat dan tidak seimbang, dan lain-lain. Di sisi lain, para penderita diabetes juga dapat melakukan upaya pengendalian agar tidak memperparah dan menimbulkan komplikasi dari penyakit tersebut.

Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan oleh Kader Posbindu RT 02 Kelurahan Lengkong Gudang, diketahui bahwa kebanyakan dari warga mengalami penyakit diabetes melitus. 

Oleh karena itu, program penyuluhan mengenai diabetes melitus terkait gizi merupakan salah satu cara yang tepat untuk mencegah meningkatnya kasus diabetes pada wilayah Kelurahan Lengkong Gudang.

Penyuluhan diabetes melitus terkait gizi dilakukan di hari yang bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan pengajian ibu-ibu RT 02. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 29 orang dan salah satunya adalah Ibu RT 02 dan ustadzah majlis taklim setempat yang membantu untuk mengkoordinir para peserta. 

Peran masyarakat terutama ibu rumah tangga adalah sebagai sasaran utama dari pelaksanaan program, dimana program ini ditujukan khusus bagi wanita usia dewasa hingga lanjut usia karena banyaknya penderita diabetes di wilayah RT 02/09 Lengkong Gudang sehingga partisipasinya berperan penting dalam keberlangsungan program. 

Selama program berlangsung, para peserta yang merupakan ibu-ibu rumah tangga menyambut baik program yang dilakukan dengan memperhatikan dengan seksama selama materi disampaikan. Di akhir penyampaian materi, dibahas mengenai ajakan bagi para peserta untuk mengikuti cek kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh Posbindu setempat untuk dapat memantau gula darah tubuh secara rutin.

Dengan adanya penyuluhan tersebut diharapkan masyarakat khususnya ibu-ibu mulai sadar akan pentingnya mencegah timbulnya penyakit diabetes melitus, serta dapat mengendalikan penyakit diabetes melitus dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Sedangkan harapan yang disampaikan oleh masyarakat adalah agar ilmu yang telah disampaikan benar-benar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Atsaniyah Khoirunnisa – Fakultas Kedokteran

DPL     : Nurhadi Bashit, S.T., M.Eng.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan