Mohon tunggu...
Atri Yuanda
Atri Yuanda Mohon Tunggu... Guru - Owner atriyuanda.web.id

Berbagi faedah ilmu seputar kajian Islam, pengalaman pribadi dan lainnya. Subscribe juga channel YouTube saya, thanks

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Manusia Butuh Oksigen dan Nitrogen Setiap Harinya, Belajar Mensyukuri Nikmat Allah

23 Juli 2021   15:03 Diperbarui: 23 Juli 2021   15:18 503 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bismillah, sholawat dan salam selalu tercurah kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa salam

Sahabat yang saya cintai karna Allah taala, ada banyak nikmat Allah yang harus kita syukuri diantara nikmat yang Allah berikan kepada kita percuma alias gratis adalah udara yang kita hirup setiap hari dari kandungan udara tersebut, tubuh kita butuhkan asupan oksigen dan nitrogen.

Flashback masa lalu, saya pernah temani adik saya Melki rahimullah cuci darah di RSUD Dumai yang juga dipasang tabung oksigen tambahan untuk membantu pernafasannya. Alhamdulillah juga gratis bantuan pemerintah.

Beberapa hari lalu ada baca tulisan plus gambar di Facebook tentang antrian panjang membeli tabung oksigen, diantara mereka ada yang berkata "nak pulanglah, tak perlu antri lagi. Ayah sudah tiada" 

Hari ini baca status wa teman, bertuliskan 

"kelangkaan oksigen dan renungan diri. Harga oksigen di RS 25 RB/liter dan nitrogen 10 RB/liter. Dalam sehari Manusia menghirup 2.880 liter oksigen dan 11. 376 nitrogen. Jika harus dihargai dengan rupiah, oksigen yang kita hirup mencapai Rp 185 juta/hari/orang. Seandainya Allah main hitung2an seperti manusia, maka nikmat pernafasan dan nikmat yang lainnya tidak akan sanggup kita melunasinya. Mari kita selalu bersyukur! "... Maka nikmat Allah mana yang akan engkau dustakan...?

Baca juga pengalaman Pertama cabut gigi di RSUD Dumai kota Dumai bagian poli bedah gigi, gratis pakai KIS

Penasaran, Lalu saya pun searching lagi tentang kebutuhan oksigen dan nitrogen manusia. 

Manusia bernapas normalnya kira-kira sekitar 12-24 kali per menit yang mana tiap kali tarikan napasnya sekitar 3-4 liter udara masuk. Dalam setahun, udara yang dihirup bisa mencapai 9.5 ton dimana 23% nya adalah oksigen.

Tubuh kita bisa menyimpan makanan dan minuman dan beberapa hewan bisa menyimpan lebih banyak makanan ditubuhnya seperti ayam, monyet dll dan onta bisa menyimpan air dalam tubuh, Unta biasa dapat minum 200 liter (53 galon) air dalam tiga menit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan