Mohon tunggu...
Atiqah Rachayna L
Atiqah Rachayna L Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, 20107030101 Assalamualaikum ... selamat datang di akun tulisan ku yang masih tahap belajar ini, akun ini di buat untuk memenuhi tugas dan semoga dapat memberikan manfaat untuk semua hehe

Hobi : Membaca, dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Hidangan Makanan dan Minuman Keluarga Kerajaan Korea Selatan

7 Maret 2021   19:35 Diperbarui: 7 Maret 2021   23:21 104 17 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidangan Makanan dan Minuman Keluarga Kerajaan Korea Selatan
Sumber gambar: wowkeren.com/gambar MAMA ataua Ratu dalam drama Mr.Queen.

Korea Selatan - Selain identik dengan demam kpop dan k-dramanya, Korea Selatan juga terkenal dengan Korean Food nya juga. Salah satu Korean Food nya yang menarik perhatian pecinta Hallyu Wave adalah hidangan makanan dan minuman para keluarga kerajaan Korea Selatan atau bisa di sebut dengan Korea Royal Cuisine merupakan hidangan yang dipersembahkan kepada para Raja.

Jika anda pernah menonton atau menjadi penggemar drama Korea yang bertemakan kerajaan-kerajaan Silla, Goryeo, ataupun Joseon, seperti drama Moonlovers, Mr.Queen yang baru-baru ini tengah viral, Jawel in the Palace dan lain-lain. Tentu kalian tidak asing dengan adegan seperti perayaan, makan bersama, ataupun sang raja yang memakan hidangannya.

Dilansir dari situs Visit. Korea budaya menghidangkan makanan dan minuman kepada Raja ini berawal pada masa Dinasti Joeson. Dinasti Joeson sendiri adalah sebuah kerajaan yang didirikan oleh Raja Taejo setelah runtuhnya Dinasti Goryeo pada tahun 1392. Hidangan makanan dan minuman untuk raja pada masa itu dipersiapkan langsung oleh para koki-koi handal dan juga dengan bahan-bahan yang berkualitas baik yang dikumpulkan dari seluruh negeri, lalu di hidangkan kepada sang raja.

Dilansir dari web Kompas.com resep hidangan kerajaan terutama untuk raja itu diwariskan oleh para koki sebelumnya dan tertulis pada catatan kerajaan. Catatan tersebut berisi tentang menu sehari istana Dinasti Joeson yang dapat ditemukan di "Wonhaeng Eulmyo Jeongni Uigwe" atau Royal Protocols on a King's Procession yang ditulis pada tahun 1795.

Berbagai jenis hidangkan untuk raja atau pun keluarga kerajaan lainnya, setidaknya ada 12 menu yang wajib dihidangkan, yakni :

Pertama. Guksu.

Guksu atau myeon ini merupakan sejenis mie yang terbuat dari tepung gandung atau buckwheat. Guksu biasanya disajikan dengan kuah kaldu sapi atau ikan teri jernih, lalu ditambah paeju, peterseli Jepang dan rebung atau tunas yang masih muda yang tumbuh dari akar bambu. Biasanya, Guksu ini identic dengan perjamuan.

Dua, Mandu dan Ddeokguk. 

Mandu dan Ddeokguk juga bisa disebut dengan Tteok Mandu Guk. Hidangan ini merupakan sup pangsit dengan kue beras. Bahan dari kulit Mandu ini terbuat dari tepung gandum atau buckwheat. Hidangan ini bisanya disajikan saat perayaan tahun baru.

Tiga, Jjim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN