Mohon tunggu...
Atika D Rahayu
Atika D Rahayu Mohon Tunggu... Management Student

-

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Tak Hanya Milenial, Alasan Investasi Kian Digemari Banyak Generasi

4 April 2021   10:00 Diperbarui: 4 April 2021   11:18 309 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Hanya Milenial, Alasan Investasi Kian Digemari Banyak Generasi
Source: https://unsplash.com/@jsnbrsc

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hingga saat ini telah melalui banyak proses dan memiliki banyak perubahan dari generasi ke generasi. Kemajuan teknologi memberikan dampak yang baik bagi banyak kalangan, membantu dalam berbagai fungsi, memenuhi kebutuhan, dan semua yang bisa diaplikasikan di berbagai aspek kehidupan juga menunjang perubahan dalam kelangsungan hidup hingga kini. Tak terlewat juga dengan “investasi”. Hal esensial ini telah melekat pada pemikiran setiap generasi, terutama yang sadar  akan pentingnya perencanaan keuangan di masa depan. Sudah menjadi hal yang wajar jika investasi diterapkan sebagai suatu kegiatan yang umum, termasuk bagi generasi milenial, yang merupakan generasi yang memiliki tanggung jawab terhadap orang tua dan juga kepada generasi berikutnya. Dengan banyaknya jenis dan cara berinvestasi saat ini, membuat tak hanya generasi milenial yang merasa bahwa investasi tak hanya digunakan oleh orang-orang tertentu saja. Banyak dari generasi Z yang telah cukup umur dan memiliki pendapatan maupun tabungan juga ikut mencicipi dunia investasi.

Sebenarnya, apa saja sih manfaat yang didapat oleh generasi milenial dan berikutnya jika memiliki ilmu investasi lebih awal?

Generasi milenial menjadi generasi yang saat ini sudah memasuki usia yang cukup dalam perencanaan keuangannya masa depan, membuat generasi milenial memikirkan berbagai cara agar dapat membuat income yang pasif ketika sudah tidak bekerja di kemudian hari. Dengan melakukan investasi lebih awal, kaum milenial akan memiliki kesempatan lebih banyak dalam mempelajari dan mengelola keuangan dengan baik.

Saat ini, beragam jenis investasi bisa memberikan manfaat di kemudian hari dengan hasil yang signifikan atau dalam kata lain sangat menguntungkan. Contohnya adalah emas, deposito, reksa dana, saham, p2p lending, obligasi, hingga properti. Berbagai jenis investasi yang dipilih juga harus disesuaikan dengan portofolio yang ingin dibangun masing-masing berdasarkan kebutuhan dan profil risiko. Keuntungan yang diperoleh oleh generasi muda dalam melakukan investasi sejak dini diantaranya akan membuat perencanaan keuangan menjadi lebih matang, masih dapat meminta bantuan dan ilmu dari orang dewasa atau bahkan orang tua sendiri, dan juga mengembangkan pemikiran untuk bekerja lebih produktif agar bisa menikmati hasil di kemudian hari.

Source: https://unsplash.com/@austindistel
Source: https://unsplash.com/@austindistel

Lalu, alasan lain apa lagi yang membuat investasi semakin digemari oleh generasi milenial dan generasi berikutnya?

Salah satu alasan yang sangat mendukung minat kaum milenial dan berikutnya adalah dengan adanya perkembangan teknologi yang memudahkan dalam kegiatan investasi. Berkaitan juga dengan hal ini, berikut beberapa alasan lainnya yang meningkatkan minat dan bisa dirasakan langsung.

1. Banyak kemudahan dalam mempelajari ilmu investasi

Saat ini, internet bepengaruh besar dalam menyajikan beragam informasi. Telah banyak website resmi yang menyajikan informasi lengkap pembelajaran tentang investasi. Salah satunya adalah Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mewadahi informasi mengenai perusahaan yang mendaftarkan keberadaannya di pasar modal. Mulai dari mengakses perkembangan perusahaan, informasi laporan keuangan, hingga pergerakan harga saham tiap perusahaan tercatat. Selain itu, banyak juga platform yang memberikan penjelasan secara rinci mengenai jenis-jenis investasi, risiko yang ditanggung, cara berinvestasi, dan hal lain yang berhubungan dengan kegiatan investasi lainnya. Dengan adanya perkembangan teknologi, semua generasi kini semakin diberi kemudahan dalam mempelajari ilmu investasi melalui internet tanpa kenal batas. Seperti mengakses informasi investasi melalui personal blog, platform investasi, website resmi lainnya.

2. Kemudahan dalam membuat akun untuk investasi melalui smart phone

Dalam investasi masa kini, pertemuan langsung antara pemegang saham dan pemilik perusahaan tidak merupakan hal yang wajib. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, tercipta banyaknya aplikasi yang memudahkan terhubungnya antara investor dengan informasi investasi yang akan diambil. Pembuatan akun kini tidak perlu lagi datang ke bursa efek secara langsung, sudah banyak wadah yang bekerja sama secara resmi untuk  menghubungkan investor dengan pasar modal. Selain itu, kemudahan dengan jenis investasi lainnya juga sudah dapat diakses dengan mudah, terlebih saat ini jika kamu termasuk orang yang belum cukup ilmu akan investasi, kini kamu bisa mengandalkan manajer investasi yang andal yang akan mengelola investasimu.

3. Memberikan persyaratan yang memudahkan bagi generasi milenial dan berikutnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x