Mohon tunggu...
Nur Hidayati
Nur Hidayati Mohon Tunggu... Project Manager l Bisnis Partnership | Marketplace Specialist l Brand Ambassador l Content Creator l Certified Asesor BNSP l Certified BNSP Digital Marketing l Praktisi Mengajar

Saya pribadi yang aktif, komunikatif, dan senang berbagi pengetahuan. Topik favorit saya seputar digital marketing, pengembangan UMKM, serta tren marketplace. Di waktu luang, saya menikmati membuat konten edukatif, membaca buku pengembangan diri, dan mengikuti webinar untuk terus memperbarui wawasan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Bisnis Online Marketplace untuk UKM

5 Juni 2025   11:21 Diperbarui: 5 Juni 2025   11:21 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Strategi Bisnis online marketplace menjadi salah satu solusi efektif bagi UKM untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan di era digital. Namun, agar berhasil, pelaku UKM perlu menerapkan strategi bisnis online marketplace yang tepat dan terukur.

Strategi pertama yang penting adalah memilih marketplace yang sesuai dengan karakter produk dan target pasar. Platform seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak menawarkan berbagai fitur pendukung seperti promosi, fitur gratis ongkir, dan kemudahan transaksi yang bisa dimanfaatkan UKM.

Selain itu, pengelolaan produk yang menarik dengan foto berkualitas dan deskripsi lengkap menjadi kunci agar produk mudah ditemukan dan diminati pembeli. Optimalisasi kata kunci juga wajib diperhatikan agar produk muncul di pencarian utama marketplace.

Strategi lain adalah memanfaatkan fitur iklan berbayar yang disediakan marketplace untuk mempercepat peningkatan penjualan. Pelaku UKM juga harus aktif berinteraksi dengan pembeli melalui chat atau review agar membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Dengan menerapkan strategi bisnis online marketplace yang tepat, UKM dapat memaksimalkan potensi digital untuk berkembang lebih cepat, meningkatkan penjualan, serta memperkuat branding produk di tengah persaingan yang semakin ketat.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun