Mohon tunggu...
Atiek Lestari
Atiek Lestari Mohon Tunggu... Administrasi - orang biasa dengan semangat luar biasa

Pranata Humas Basarnas

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tingkatkan Komunikasi Publik Antar Stakeholder Bidang Transportasi

26 Juni 2022   20:39 Diperbarui: 28 Juni 2022   07:43 650
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan komunikasi publik antar stakeholder bidang transportasi perlu terus ditingkatkan agar masyarakat mendapatkan informasi yang jelas, cepat, dan terpercaya. 

Hal ini disampaikan pada saat membuka acara Forum Komunikasi Kehumasan Sektor Transportasi Tahun 2022 "Sharing and Learning: Strategic Public Relations  in Transportation into the New Normal Era" yang dilaksanakan di Hotel Eastparc, Yogyakarta, Rabu, 22 Juni 2022.

Menhub meminta agar komunikasi publik yang dilakukan dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini dan lebih kreatif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Menhub juga mengapresiasi kolaborasi antara Kementerian Perhubungan dengan dengan seluruh stakeholder sektor transportasi, khususnya dalam hal pengelolaan komunikasi publik, dan penyediaan informasi seputar arus mudik/balik Lebaran Tahun 2022/1443H kepada masyarakat.

"Keberhasilan angkutan lebaran tersebut adalah keberhasilan kita bersama," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Menhub juga menyampaikan narasi komunikasi "Menghubungkan Indonesia untuk Indonesia Maju" dengan hashtag  #MenghubungkanIndonesia. Menhub kembali mengajak PR sektor transportasi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait kinerja sektor transportasi baik dalam mewujudkan mobilitas penumpang, distribusi barang yang cepat dan lancar, serta mewujudkan konektivitas antar wilayah Indonesia.

Memasuki masa kenormalan baru pada situasi dan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak seluruh Public Relation (PR) sektor transportasi  untuk menegakkan aturan protokol kesehatan dan terus mensosialisasikan kebijakan pemerintah tentang aturan perjalanan.

Saat ini masyarakat mulai beraktivitas secara normal, perekonomian mulai bangkit. Hal itu harus dibarengi dengan adanya perubahan perilaku hidup sehat di masyarakat khususnya pada transportasi publik dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Dalam hal ini peran PR diandalkan dalam menyusun strategi komunikasi yang tepat sekaligus mengelola informasi publik yang kreatif dan inovatif, sehingga masyarakat pengguna angkutan massal mengubah perilaku dalam menggunakan transportasi publik dengan lebih tertib dan sehat.

"Konsistensi perubahan perilaku publik dalam menerapkan protokol kesehatan tidak akan terwujud tanpa dukungan seluruh operator transportasi yang berkomitmen untuk disiplin menegakkan aturan protokol kesehatan di transportasi publik," tegas Menhub.

Untuk itu Menhub mengajak seluruh insan transportasi menjaga momentum terkendalinya COVID-19 di Indonesia ini dengan terus memastikan kondisi transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan sehat.

Forum Komunikasi Kehumasan Sektor Transportasi Tahun 2022 menghadirkan beberapa narasumber yakni Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati, Corporate Communicatiom & Community Development Group Head PT. 

Jasa Marga (Persero) Tbk. Lisye Octaviana, Vice President Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus, Group Head Sekretariat Perusahaan Kantor Pusat PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Ali Mulyono, dan Vice President Corporate Communication PT. Angkasa Pura II (Persero) Akbar Putra Mahardika.

Acara Forum Komunikasi diikuti oleh seluruh pengelola komunikasi publik di sektor transportasi baik unsur regulator di lingkungan Kementerian Perhubungan, unsur operator, maupun mitra kerja Kementerian Perhubungan. Salah satu mitra kerja yang hadir dalam acara tersebut adalah Basarnas. 

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) merupakan salah satu mitra kerja Kementerian Perhubungan yang menangani bidang Search And Rescue (SAR)/ Pencarian dan Pertolongan pada kecelakaan penerbangan, kecelakaan pelayaran, maupun kecelakaan di darat yang membutuhkan penanganan khusus. 

Sedikit cerita tentang acara Forum Komunikasi Kehumasan Sektor Transportasi kali ini, para peserta diberikan kesempatan untuk mencoba Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo dari Stasiun Tugu hingga Stasiun Klaten. KRL tersebut mulai beroperasi pada Februari tahun lalu dengan rute Stasiun Tugu hingga Stasiun Solo Balapan. 

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator KRL lintas Jogja-Solo berencana memperpanjang jalur dari Stasiun Solo Balapan sampai ke Stasiun Palur Karanganyar secara permanen mulai bulan Juli 2022. Keberadaan KRL ini disambut antusias masyarakatyang sebelumnya mengandalkan kereta Prambanan Ekspres (Prameks) sebagai moda transportasi dari Jogja ke Solo atau sebaliknya.

Selain memperkenalkan moda transportasi baru di Yogyakarta tersebut, kegiatan ini juga mempererat engagement antar peserta yang berasal dari berbagai instansi dan unit kerja. Hal tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan kolaborasi komunikasi publik antar stakeholder bidang transportasi. 

Atiek Lestari (Prahum Basarnas)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun