Mohon tunggu...
Atha Kirana
Atha Kirana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

5 Tips Menjadi Content Creator yang Baik dan Sukses

9 Juni 2021   22:25 Diperbarui: 9 Juni 2021   22:36 227 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips Menjadi Content Creator yang Baik dan Sukses
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berkembangnya era digital dan lahirnya media baru ternyata berhasil membuka lapangan pekerjaan yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, salah satunya adalah Profesi menjadi Content Creator

Profesi Content Creator atau bisa diartikan sebagai pembuat konten saat ini banyak diminati oleh generasi milenial maupun generasi Z. Secara singkat profesi ini banyak diminati karena membuat seseorang bisa tampil apa adanya, dan sekaligus menjadikan diri mereka sebagai role model bagi yang lainnya. Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang Content creator, kenapa harus Content Creator dan membagikan beberapa tips untuk menjadi Content Creator yang berkualitas.

Content creator adalah seseorang yang menyebarkan informasi dengan mentransformasikannya kedalam sebuah gambar, video dan tulisan atau disebut sebagai sebuah konten, lalu kemudian konten tersebut disebarkan melalui berbagai platform. 

Dulu Content Creator hanya sebatas membagikan konten lalu mendapatkan respon dari penonton atau warganet berupa like atau comment. 

Namun sekarang lebih dari itu, berkembangnya media sosial membuat berbagai perusahaan besar ataupun pelaku usaha kecil-kecilan membutuhkan jasa content creator untuk memproduksikan produk mereka. 

Media sosial yang sangat ramai saat ini adalah Tiktok, dimana warganet berlomba-lomba untuk membuat konten dengan sebaik mungkin agar bisa ramai dengan membuat tagar #fyp alias for your page (untuk halaman kamu). 

Tujuan warganet berusaha keras untuk membuat kontennya ramai, adalah tidak lain agar banyak yang mengunjungi profil mereka, dan nanti bisa dilirik oleh perusahaan ataupun pelaku usaha tersebut untuk bisa melakukan kerja sama, mengiklankan, atau endorse kepada para mereka Content Creator tersebut. Cara kerja tersebut tidak hanya berlaku di tiktok melainkan di berbagai platform media sosial lain seperti instagram, youtube dan sebagainya.

Apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini banyak terjadi PHK karyawan besar-besaran, beberapa bidang industri juga seperti pariwisata, penerbangan, dan lain sebagainya juga terkena dampak dan mengalami kebangkrutan. Maka dari itu, untuk bisa tetap mendapatkan penghasilan, kita harus pandai melihat celah dan memanfaatkan apa yang sudah ada dengan sekreatif mungkin. Pemanfaatan media sosial merupakan cara yang masuk akal, dan bisa dilakukan oleh siapapun. Menurut data dari Sociabuzz yang disampaikan oleh Rade Tampubolon, penemu Sociabuzz saat ada di Youtube DailySocial TV dalam sesi DS Podcast, menyebutkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata pendaftaran Content Creator di platform Sociabuzz setelah pandemi, padahal Sociabuzz tidak melakukan promosi bentuk apapun. Penaikan tersebut yaitu dari yang awalnya hanya 2.552 pengguna per-bulan sebelum pandemic, menjadi 7.730 pengguna baru per-bulannya setelah pandemi. Hal ini menunjukkan banyaknya orang-orang yang menjadikan Content Creator sebagai harapan menjadi profesi saat pandemi ini. Maka Potensi dari profesi Content Creator ini kedepannya bisa dikatakan sangat bagus.

Lalu bagaimana cara menjadi Content Creator yang baik dan sukses? Berikut simak beberapa tips nya dibawah ini.

  • Kuatkan Niat dan Tentukan apa Passion kamu.

Sebelum memutuskan untuk terjun menjadi Content Creator, kamu harus pastikan niat kamu sudah mantap, karena menjadi Content Creator tidak semudah yang kita lihat. Kalau dari niatnya saja sudah setengah-setengah maka selanjutnya akan sulit, menjadi gampang menyerah, berhenti ditengah jalan dan tidak fokus kepada apa yang harus dikerjakan. 

Lalu tentukan passion, kira-kira kegiatan apa yang membuat kamu senang dan bersemangat. Kenapa begitu? Karena untuk menjadi Content Creator di media sosial kamu harus menunjukkan apa bakat, atau kegiatan yang sering dan mahir kamu lakukan. Hal itu sekaligus membangun personal branding, dan membuat kamu bisa tahu siapa audience sebenarnya. Saat profil dan konten kamu sudah dikenali banyak orang maka perusahaan atau pelaku usaha bisa mudah melihat dibidang apa atau produk apa yang cocok untuk kamu promosikan.

  • Selalu Up to Date

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN