Mohon tunggu...
Atep Afia Hidayat
Atep Afia Hidayat Mohon Tunggu...

Pemerhati sumberdaya manusia dan lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Ingin Sehat, Langsing, dan Bebas Stres? Bergeraklah .............

27 Februari 2011   13:40 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:13 620 0 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Sehat, Langsing, dan Bebas Stres? Bergeraklah .............
12988143361758182634

Oleh : Atep Afia Hidayat -

Aktivitas fisik itu esensinya sederhana saja, jangan diam, selalu bergerak, terus beraktivitas, jadilah dinamis atau laksanakan olahraga. Jangan biarkan organ-organ tubuh Anda pasif, sehingga efeknya peredaran darah, pembakaran kalori dan metabolism sel tubuh kurang bekerja secara optimal. Bergeraklah demi kehidupan Anda yang lebih aman, nyaman, sehat, bahagia. Ya, aktivitas fisik berdampak pada perbaikan kualitas kehidupan Anda.

Ada sejuta manfaat dari aktivitas fisik yang teratur, mulai dari menghindari kesehatan yang buruk, mengendalikan berat badan, sampai diperolehnya kualitas tidur yang terbaik. Tanpa memandang usia, jenis kelamin dan kemampuan fisik, sejuta manfaat itu akan diperoleh. Mengawalinya sangat sederhana, tinggal lepppp, tinggal byurrr, tinggal jleng …..

Setidaknya ada tujuh manfaat yang utama dari aktivitas fisik secara teratur, yaitu :

1. Memperbaiki dan meningkatkan mood Anda.Stres yang menimpa Anda sebenarnya bisa dengan mudah diredam, caranya dengan berolahraga di gym atau sekedar berjalan kaki hanya selama 30 menit. Niscaya, emosi dan mental Anda menjadi tenang dan nyaman.

Ternyata aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai disbanding kondisi sebelumnya. Penampilan Anda juga akan tampak lebih baik, lebih bugar dan lebih bahagia ketika Anda berolahraga secara teratur. Hal itu akan segera meningkatkan rasa percaya diri Anda, sekaligus mendongkrak harga diri Anda. Lebih jauh lagi aktivitas fisik yang teratur bahkan dapat membantu mencegah depresi.

2. Memerangi penyakit kronis. Khawatir tentang serangan jantung? Berharap untuk mencegah osteoporosis? Aktivitas fisik adalah jawaban efektif.Di sisi lainnya aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda dalam mengendalikan tekanan darah tinggi. Ternyata aktivitas fisik Anda menyebabkan pengaruh low density lipoprotein (LDL)atau kolesterol jahat bias diredam. Aktivitas fisik yang teratur berpotensi meningkatkan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, sekaligus mengurangi trigliserida. Dua manfaat diraih bersamaan, yaitu darah Anda mengalir lancer, dan sekaligus menurunkan penumpukan plak di arteri Anda. Masih ada lagi, aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda mencegah diabetes tipe 2, osteoporosis dan jenis kanker tertentu.

3. Mengelola berat badan Anda. Bila fisik Anda selalu aktif dan bergerak, maka kalori akan terus terbakar. Semakin rajin Anda bergerak atau berolahraga maka semakin banyak kalori yang Anda bakar - dan mudah untuk menjaga berat badan Anda dalam kondisi normal. Beberapa cara sederhana bisa dilakukan, misalnya saat Anda berada di tempat kerja, mulai dari lift untuk naik ke lantai lebih atas dan berjalan kaki selama istirahat makan siang. Ketika sedang berada di rumah, jangan banyak duduk, lebih baik matikan TV dan bergerak serta berjalanlah. Seluruh aktivitas fisik Anda berpotensi membakar kalori, sehingga normalitas berat badan bias terjaga.

4. Meningkatkan tingkat energi. Aktivitas fisik yang teratur bisa membuat Anda bernapas lebih mudah. Plooong, bernafas menjadi ringan, lancar dan segar. Aktivitas fisik memberikan oksigen dan nutrisi ke semua sel dan jaringan tubuh Anda. Bahkan, aktivitas fisik secara teratur membantu seluruh sistem kardiovaskular Anda, sehingga peredaran darah melalui jantung dan pembuluh darah bekerja lebih efisien. Nah, saat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan hal-hal yang Anda nikmati. Bagaimanapun, seluruh langkah demi langkah dalam kehidupan Anda amat membutuhkan energy. Jika cadangan energi Anda berlimpah, maka penampilan Anda pun akan power full.

5. Memperbaiki kualitas tidur. Bagaimanapun tidur sangat penting bagi pemulihan kondisi fisik Anda, setelah sepanjang hari bergerak ke sana ke mari. Tidur nyenyak dapat meningkatkan konsentrasi, produktivitas dan suasana hati. Dalam hal inimudah diduga, aktivitas fisik bias menjadi kunci untuk tidur lebih baik. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan amat nyenyak. Namun jika Anda berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, Anda mungkin memiliki terlalu banyak energi untuk segera tertidur. Nah, sebaiknya aktivitas fisik atau olah raga jangan terlalu dekat dengan waktu tidur.

6. Meningkatkan kualitas hubungan seks. Bagi pasangan suami istri, apakah Anda terlalu lelah untuk berhubungan seks? Atau merasa hubungan seks dengan pasangan berasa dingin dan hambar? Aktivitas fisik bisa menyelamatkan gejala ketidakharmonisan Pasutri. Aktivitas fisik yang teratur berdampak pada penampilan Anda yang lebih berenergi dengan penampilan yang lebih hebat. Hal itu secara langsung menyebabkan efek positif pada kehidupan seks Anda. Ada yang lebih penting, aktivitas fisik yang teratur dapat menyebabkan peningkatan gairah bagi wanita. Selain itu, ternyata pria yang berolahraga secara teratur cenderung tidak memiliki masalah dengan disfungsi ereksi, bahkan ketika umurnya makin menua.

7. Begitu menyenangkan!Kegiatan apa yang paling ideal dilakukan pada hari Sabtu sore, dengan melibatkan seluruh keluarga? Ya, aktivitas fisik yang tidak harus membosankan. Bisa berupa panjat dinding, arung jeram, atau hiking. Kalau perlu ikuti kegiatan outbond yang pasti disenangi anak-anak. Kalau ada halaman atau lapangan bias main bola, baik sepak bola, bola voley atau permainan bola apapun yang menyenangkan. Banyak sekali aktivitas fisik yang bias dinikmati bersama, begitu menyenangkan !

Yang terpenting, bergerak, bergerak dan bergerak ! Jangan bingung, terlalu banyak rencana, atau sekedar menunggu. Segera lakukan ! (Atep Afia, sumber : www.mayoclinic.com)

Sumber Gambar:

http://kesehatan.kompas.com/read/2010/05/03/09152291/Lima.Menit.di.Tempat.Hijau.Sehatkan.Mental-14

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x