Mohon tunggu...
Asyifa Suwandi Putri
Asyifa Suwandi Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

Halo, Saya Asyifa Suwandi Putri Mahasiswa PGSD angkatan 2019, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Permudah Akses Pengguna Jalan, Mahasiswa KKN Tematik UPI Membuat Plang Nama Jalan di Daerah Terminal Ledeng

4 Agustus 2022   20:45 Diperbarui: 6 Agustus 2022   20:48 493 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimana dengan dilaksanakannya KKN ini, mahasiswa dapat berkontribusi dalam menangani dan memecahkan masalah-masalah yang ada dalam pembangunan masyarakat. 

Dalam program KKN tahun ini, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menerapkan program berbasis SDG’s Desa. Program ini memiliki 17 poin utama untuk menciptakan skema kehidupan berkelanjutan, maka SDG’s Desa mengajukan 17 program yang merujuk pada kearifan lokal.

Terdapat sejumlah 7089 orang mahasiswa melaksanakan KKN Tematik UPI 2022. Terbagi kedalam 191 kelompok yang berisikan 30 orang dengan satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  Dari beberapa 17 poin utama SDG’s Desa, mahasiswa kelompok KKN 31 UPI melaksanakan salah satu kegiatan sesuai dengan sasaran program SDG’s Desa yaitu ”Desa Infrastruktur dan Inovasi sesuai kebutuhan” yang dilaksanakan di RW 04 Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Oleh karena itu, Kelompok KKN 31 UPI berkontribusi dalam membuat plang nama jalan. Pembuatan plang nama jalan ini diharapkan dapat membantu masyarakat umum dalam mencari suatu lokasi yang akan dituju. Dikarenakan di RW 4 Kelurahan Ledeng terdapat banyak sekali gang yang tidak diberi plang yang membuat masyarakat umum kebingungan. 

Adapun alasan lain yaitu memudahkan kurir paket dalam mengirimkan barang dan dengan adanya plang nama jalan, desa tersebut tampak tertata dan terkelola dengan baik sehingga jalan tersebut mudah dikenali masyarakat.

Sebelum pembuatan plang nama jalan, ketua kelompok beserta divisi humas melakukan perizinan dan menjelaskan program kerja kepada RW dan RT beserta warga desa. Hal ini dilakukan untuk memastikan nama-nama jalan (gang) yang ada di sekitar RW 4 Kelurahan Ledeng sehingga mempermudah dalam penulisan plang tersebut.

Setelah memperoleh persetujuan dari perangkat desa dan warga sekitar, Kelompok KKN 31 melakukan pembelian bahan-bahan yang akan dibutuhkan dalam pembuatan plang. 

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia, mahasiswa KKN 31 beserta masyarakat sekitar yang ikut membantu melakukan pemasangan plang nama jalan. plang tersebut akan di pasang di 6 titik gang yang ada di RW 4 kelurahan ledeng, terdapat nama-nama dari jalan tersebut yaitu Gg. Nataredja, Gg. Mastaredja. Gg. Djayaredja 1, Gg. Djayaredja 2, Gg. Djayaredja 3, dan Gg. Djayaredja 4.

Dok pribadi
Dok pribadi
Dok pribadi
Dok pribadi

Dok pribadi
Dok pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan