Mohon tunggu...
Astrid Azarine
Astrid Azarine Mohon Tunggu... Desainer - Mahasiswa Desain Interior | Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

7 Tips Ruangan Fresh dan Hemat Energi

16 November 2022   20:48 Diperbarui: 18 November 2022   12:42 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang sebagai wadah aktivitas kita sehari-hari. Tentunya kita menginginkan ruangan yang fresh dan nyaman untuk menjalani aktivitas kita sehari hari. Ketika ruangan terasa sejuk, memiliki pencahayaan yang cukup, tertata dan fungsional, kita akan merasa kerasan dan memiliki produktivitas tinggi dalamnya. Namun ketika ruangan tidak diatur dan ditata dengan baik, ruangan dapat terasa kurang nyaman sehingga membutuhkan banyak teknologi pendukung dan energi yang besar untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Setiap ruangan memiliki kondisi lingkungan yang berbeda beda. Jika kita dapat mengolah ruangan dengan memperhatikan potensi yang dimiliki dan kebutuhan di dalamnya, kita dapat merombak ruangan kita menjadi tempat fungsional yang menyegarkan namun tetap hemat energi. Simak 7 tips ruangan di bawah ini agar kita produktif dan nyaman dalam berkegiatan sehari hari!

1. Bukaan Keluar Ruangan

Bukaan baik jendela kaca maupun panel berlubang akan membantu ruangan anda terasa leluasa dan menyegarkan. Tips ini sangat efisien untuk mengatasi rasa sempit di ruangan kecil. Ruangan akan terasa terbuka dan batasan ruang tidak akan mengganggu pengguna secara visual. Dengan mencari sudut bukaan yang baik di dalam ruangan, ruangan tidak memerlukan dekorasi maupun objek untuk menghidupkan suasana ruang.

2. Cahaya Matahari

Sumber: velux.com.au
Sumber: velux.com.au

Ketika kita beraktifitas, pencahayaan memiliki peranan yang sangat besar dalam kenyamanan kerja. Cahaya di dalam ruang membantu kita untuk merasa fresh dan bersemangat terutama cahaya matahari. Kita tidak memerlukan lampu yang berlebih dan menyalakan lampu di pagi hari hingga sore hari, selain itu cahaya matahari memiliki kualitas yang sangat tinggi dalam memantulkan warna dibandingkan lampu. Kita dapat mengoptimalkan cahaya matahari denagn menggunakan jendela kaca, atap skylight, maupun material transparan di dinding atau atap ruangan.

3. Ventilasi Ruangan

Sumber: engineeringdiscoveries.com
Sumber: engineeringdiscoveries.com

Ruangan yang memiliki udara segar dan mengalir akan membuat kita betah di dalam ruangan dalam waktu yang lama. Kita tidak akan merasa pengap dan merasa perlu keluar dari ruangan setelah beberapa waktu. Ventiilasi yang baik atau cross ventilation akan membuat udara di ruangan terus mengalir dan fresh. Bukaan pada dinding atau atap ruangan akan menyegarkan ruangan secara alami tanpa membutuhkan air conditioner yang mendinginkan udara di ruangan anda yang terus mengkonsumsi energi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun