Mohon tunggu...
Mazta Noire
Mazta Noire Mohon Tunggu... Online

Cepat , Tepat , Senyap

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Machfud Arifin-Mujiaman Berencana Bangun Wisata Ikonik di Surabaya

26 November 2020   11:36 Diperbarui: 26 November 2020   12:57 38 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Machfud Arifin-Mujiaman Berencana Bangun Wisata Ikonik di Surabaya
gettyimage


Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman berencana membangun wisata pantai berkelas di Surabaya jika mereka terpilih dalam Pilkada Surabaya. Menurut Machfud Arifin, banyak lokasi strategis di Surabaya yang bisa jadi objek wisata dan menghasilkan uang untuk warga sekitar.

Sekarang seperti yang kita tahu yang ada hanya Kebun Binatang Surabaya, satwanya pun juga kurus-kurus, Machfud Arifin-Mujiaman ingin memperbanyak tempat wisata di Surabaya, sehingga warga Surabaya tidak perlu jauh-jauh berwisata ke Batu dan Pacet. Terlebih pantai di Surabaya juga tidak kalah dengan Lamongan dan Banyuwangi jika dikelola dengan baik.

Machfud Arifin menilai, selama ini warga Surabaya lebih banyak memilih ke mal saja karena hanya mal saja tempat wisata yang dekat dan mudah didapati warga Surabaya. Mantan Kapolda Jatim itu mengaku sudah berkeliling ke seluruh penjuru Kota Surabaya. Dia menilai, selama ini orang dari luar kota atau luar negeri yang mendarat di Juanda bingung hendak berwisata di Surabaya. Akhirnya destinasinya kalau tidak ke Malang, pasti ke Banyuwangi.

Karena itu, Machfud Arifin -- Mujiaman mengaku sudah menyiapkan konsep kawasan sungai sebagai destinasi wisata yang menarik. Dia mengaku terkesan melihat Korea dan Singapura yang menjadikan sungai sebagai perwajahan kota.

Tidak perlu jauh-jauh, Palembang pun sudah melakukannya. Maka Surabaya pun sudah pasti bisa melakukan hal yang sama. Selain wisata sungai, dia juga punya konsep pariwisata untuk pantai timur Surabaya (pamurbaya).

Setelah melihat kawasan tersebut, Machfud Arifin - Mujiaman mengaku prihatin karena potensi sebesar itu tidak dikelola dengan baik. Hal yang perlu dikritisi adalah soal arena lapangan tembak internasional yang tak jauh dari Jembatan Suramadu.

Olahraga menembak ini minor. TNI-Polri juga sudah punya lapangan tembak sendiri. Kalau membangun lapangan tembak itu seharusnya di daerah pegunungan atau perbukitan, bukan di tepi laut yang justru bisa merusak kawasan pantai

Ke depan jika diberi amanah memimpin Kota Surabaya bersama Mujiaman, Machfud memastikan kawasan pantai akan membuat Surabaya bisa menjadi kota jasa, yakni jasa pariwisata. Banyuwangi pun  dulu tidak ada pariwisatanya. Tapi, karena pemerintahnya progresif, akhirnya bisa.

Sementara itu, Wakil Ketua Paguyuban Pengelola Objek Wisata Surabaya Didik Harimuko menyatakan, selama ini pemerintah terkesan kurang memperhatikan pengembangan wisata di Surabaya. Padahal, banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk menjadi destinasi baru. Misalnya, pemanfaatan Sungai Kalimas dan Kali Jagir.Kita harus mengurus perpanjangan izin lima tahun sekali, padahal dalam waktu lima tahun belum tentu sudah balik modal.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 1 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 2 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x