Mohon tunggu...
Astiara Soviana
Astiara Soviana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Astiara Soviana merupakan seorang mahasiswa yang memiliki minat dibidang voice over dan copywritter.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN Undip Ajak Siswa SD Negeri Bendungan Belajar Public Speaking! Memang Mereka Paham?

12 Agustus 2022   01:17 Diperbarui: 12 Agustus 2022   01:46 82 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Belajar Bersama Public Speaking di SD Negeri Bendungan pada Rabu (27/7/22) (Dokumentasi Pribadi,2022)

BENDUNGAN -- Pentingnya mengajarkan public speaking untuk anak sejak dini, membuat mahasiswa KKN Tim II Undip antusias mengajak belajar bersama siswa kelas 6 SD Negeri Bendungan, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang pada Rabu (20/7/2022).

Public speaking merupakan kemampuan untuk berani berbicara di depan khalayak dengan jumlah yang relatif banyak. Mengajarkan public speaking pada anak sejak dini dianggap penting untuk bekal mereka di masa depan. Dengan mengajarkan public speaking pada anak sejak dini, anak-akan lebih memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan lebih berani untuk menghadapi segala sesuatu.

Sebagai upaya mendukung target SDG's keempat yakni memastikan belajar dengan mendapatkan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, Astiara Soviana, Mahasiswa KKN Tim II Undip, Desa Bendungan, dengan persetujuan Dosen Pembimbing Lapangan yakni Ibu Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., MA melalui programnya telah mengkombinasikan proses belajar dengan permainan yang bisa melatih siswa kelas 6 SD Negeri Bendungan untuk menampilkan dirinya menyalurkan pendapat di depan teman-temannya.


Suasana keatifan anak-anak saat belajar Public Speaking (Dokumentasi Pribadi,2022)
Suasana keatifan anak-anak saat belajar Public Speaking (Dokumentasi Pribadi,2022)

Antusiasme anak-anak kelas 6 dalam menjawab pertanyaan sekaligus menyampaikan pendapatnya di depan teman-teman membuat proses pembelajaran ini berjalan asik dan menyenangkan. Selain pada pembelajaran di kelas, Astiara Soviana, Mahasiswa KKN Tim II Undip, juga turut mengajak siswa yang lain untuk berani tampil di depan umum melalui pemasangan poster di madding SD Negeri Bendungan yang berisi tagline dan juga contoh kecil yang bisa diterapkan anak-anak semasa di sekolah.

Harapannya, melalui program ini anak-anak khususnya seluruh siswa SD Negeri Bendungan dapat lebih berani dan percaya diri untuk mengembangkan dirinya di masa depan nanti.

Penulis : Astiara Soviana -- 40020619650086 -- Informasi dan Hubungan Masyarakat Sekolah Vokasi

Lokasi : Desa Bendungan, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang.

Dosen Pembimbing Lapangan : Agustin Erna Fatmasari., S.Psi., MA.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan