Mohon tunggu...
Astanti Prihoetami
Astanti Prihoetami Mohon Tunggu... Administrasi - Ibu Rumah Tangga

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mencegah Infeksi Virus Covid-19 dengan Mengkonsumsi Daging Ayam dan Telur

18 Agustus 2022   09:43 Diperbarui: 18 Agustus 2022   09:53 92 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia

Penyebaran virus Covid-19 telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan menimbulkan berbagai bentuk dampak, pada berbagai sektor. Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia pertama terdeteksi pada maret 2020, yang ditandai dengan kasus infeksi pertama yang dialami warga Kota Depok Provinsi Jawa Barat yang positif terinfeksi virus Covid-19 setelah berinteraksi dengan Warga Negara Asing (WNA).

Sejak awal pertama ditemukan, kemudian penyebaran virus Covid-19 terus berkembang hingga ke berbagai daerah di Indonesia, dan kemudian membuat pelaksanaan berbagai aktivitas masyarakat harus terhenti guna mencegah infeksi virus Covid-19. 

Pemerintah terus berupaya untuk menghentikan laju perkembangan penyebaran virus Covid-19, baik melalui upaya pencegahan seperti melalui upaya pemberian vaksin, dan penerapan protokol kesehatan, dan juga upaya penanggulangan seperti melalui upaya isolasi kesehatan, dan penanganan medis yang dilakukan secara terpadu, namun berbagai upaya tersebut belum dapat menghentikan laju perkembangan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia yang terus berkembang seiring dengan berjalanya waktu.

Peran Kekebalan Tubuh dalam Pencegahan Infeksi Virus Covid-19

Perkembangan penyebaran virus Covid-19 yang terus meluas, dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk diantaranya adalah kerentanan individu untuk terinfeksi virus Covid-19. 

Individu dapat rentan untuk terinfeksi virus Covid-19 diakibatkan faktor eksternal seperti rendahnya kedisiplinan untuk patuh terhadap penerapan protokol kesehatan, dan faktor internal dari dalam diri individu tersebut seperti lemahnya kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh memiliki peran penting dalam melindungi tubuh seseorang dari organisme yang bersifat merugikan seperti bakteri, virus, atau jamur yang dapat menginfeksi tubuh.

Sistem kekebalan tubuh dapat merespon hadirnya bakteri, jamur, atau virus yang telah menginfeksi tubuh (inang) dengan melakukan upaya eliminasi seperti melalui antibodi, melalui sitotoksik, atau melalui interferon. 

Ketika tubuh terinfeksi virus Covid-19, tubuh akan bereaksi dengan membentuk daya tahan tubuh untuk membasmi virus tersebut, namun apabila sistem kekebalan tubuh kuat maka virus tersebut akan mati, namun apabila daya tahan tubuh lemah maka akan membuat virus Covid-19 sulit untuk dilawan, sehingga kemudian muncul gejala lebih lanjut dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dapat dikatakan bahwa, kekebalan tubuh memiliki peran penting dalam upaya pencegahan infeksi penyakit, karena  adanya kekebalan tubuh yang kuat, maka organisme penyebab penyakit seperti bakteri, jamur, atau virus seperti virus Covid-19 tidak akan mudah untuk menginfeksi tubuh seseorang, namun sebaliknya apabila kekebalan tubuh kita lemah, kemudian akan menyebabkan seseorang mudah terinfeksi virus Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan