Mohon tunggu...
Mohamad Asny Birru Zawali
Mohamad Asny Birru Zawali Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Jurusan PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

NYANTRI, NYANTUN LAN NYANTAI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKM DR UIN: Ngelmu di Desa Sambigede "Ngelmu di Desa Sambigede"

2 Februari 2022   09:45 Diperbarui: 2 Februari 2022   10:31 287 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKM DR UIN MENGABDI "NGELMU DI DESA SAMBIGEDE"

Pendahuluan

Kuliah kerja mahasiswa yang biasa disebut dengan KKM adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan KKM DR UIN MENGABDI berlangsung selama satu bulan penuh yang bertempat di rumah masing-masing dikarenakan saat ini masih terdapat wabah COVID 19.

Pembahasan

Disini saya Mohamad Asny Birru Zawali mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam angkatan 2019 menjadi peserta KKM DR UIN MENGABDI tahun 2021 – 2022 yang bertempat di Desa Sambigede, Kec. Sumberpucung, Kabupaten Malang yang berjarak kurang lebih 39 Km dari Pusat Kota Malang. Desa ini tergolong Desa yang maju dalam bidang tertentu, tetapi masih ada ketertinggalan seperti halnya di bidang pendidikan dan keagamaan di lokasi lokasi tertentu yang berada di Desa Sambigede ini. Meskipun desa ini jauh dari Pusat Kota, namun tidak mengurangi rasa semangat para mahasiswa untuk mengamalkan ilmunya dan mengabdi pada desa ini. Di kelompok ini kami terjun pada 4 aspek, seperti halnya Pendidikan,  Keagamaan, UMKM, dan Sosial Kemasyarakatan.

Bidang Pendidikan

Bidang Pendidikan merupakan suatu pemfokusan yang tidak pernah absen dari penerjunan mahasiswa ke kelompok masyarakat. Karena pendidikan merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Masyarakat yang dapat berpengaruh dalam jangka panjang. Bentuk pengabdian kami di Desa Sambigede yakni dengan mengajar di 2 Lembaga, yakni TPQ AL IHSAN dan TPQ NURUL HUDA yang dilaksanakan setiap hari ba’da ashar di tempat lembaga masing masing yang tidak jauh. Dan alhamdulillah sudah ada yang khatam Al Qur’an di hadapan kami sendiri.

Kemudian kami juga memberikan Pendidikan Keagamaan di SDN 03 SAMBIGEDE terkait Bentuk Moderasi Beragama. Mengajarkan siswa siswi agar bisa memahami apa arti dari Moderasi, Toleransi dan Memahami Persatuan. Karena merekalah yang akan meneruskan perjuangan bangsa ini. Kalau tidak belajar tolerasansi sejak dini maka akan dikhawatirkan malah merusak generasi bangsa ini. Maka dari itu sasaran kami adalah siswa siswi sekolah dasar yang ada di desa sambigede.

Dokpri
Dokpri

Selain itu di SDN 03 Sambigede kami juga melaksanakan kegiatan senam sehat, sosialiasi cuci tangan dan juga mengawali penataan perpustakaan baru, dengan menata seluruh buku buku sesuai dengan peraturan perpustakaan. Disinilah kami mendapatkan ilmu baru, meskipun kami bukan dari Jurusan Ilmu Perpustakaan, tapi kami berhasil menata, mengurutkan, mensortir semua kode kode buku sesuai dengan peraturan yang ada. Kemudian di desa ini kami juga memberikan pelayanan pendidikan untuk melatih para santriwan santriwati di ranah musik, seperti halnya Hadrah Al Banjari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan