Mohon tunggu...
Asnira
Asnira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Terus belajar

Mahasiswi, umur 19 tahun

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

18 Januari 2022   12:28 Diperbarui: 18 Januari 2022   12:49 76 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada masa pandemi di Indonesia yang sudah satu tahun, dan dengan begitu cepatnya penyebaran wabah ini membuat dampak yang besar terhadap perubahan tatanan kehidupan manusia. Tidak hanya dunia perekonomian semakin lemah, namun hubungan sosial semakin menurun yang menyebabkan kurangnya interaksi dan kepedulian terhadap sesama, semuanya telah merasakan dampak dari virus covid 19 ini, terutama pada dunia pendidikan. upaya negara dalam menghambat penyebaran virus juga merambah ke dunia pendidikan, pemerintah harus siap menghadapi perubahan ini, karena cepat atau lambat pendidikan akan mengalami perubahan drastis akibat pandemi covid 19.

Berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, memberi himbauan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan dari rumah melalui pembelajaran daring atau pembelajaran dari rumah.

Hal ini merupakan tantangan besar bagi seorang tenaga pengajar, karena dalam kondisi seperti ini guru atau dosen pun dituntut untuk bisa mengelolah, mendesain media pembelajaran (media online) sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Unisa adalah salah satu universitas yang melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan media sosial. Media sosial yang digunakan yaitu, Google classroom, Google Meet, Grup whatsaap, Discord, Youtube, dan tentunya didukung dengan adanya Lensa atau (Elearning Unisa Yogyakarta). Lensa merupakan model pembelajaran yang tepat dan ramah sinyal. Selain itu, lensa dapat digunakan untuk menyimpan semua proses pembelajaran dan sebagai agregator daring,adanya lensa tentu sangat mempermudah mahasiswa dalam pembelajaran daring.

Kelebihan pembelajaran daring ini adalah tidak terikat ruang dan waktu. Sehingga kapan saja dan dimana saja siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran dari guru. Namun kita tahu bahwa Indonesia ini adalah negara yang luas dan tidak semua warganya ada di daerah perkotaan. Mereka yang tinggal di daerah pedalaman, biasanya sangat kesusahan dalam mendapatkan sinyal atau jaringan saat melakukan pembelajaran, untuk itu perlu adanya toleransi untuk para dosen atau guru agar memahami kesulitan mahasiswa/i saat sedang melakukan kegiatan Zoom atau Meet yang terkendala sinyal.

Kebijakan pemerintah mengenai pembelajaran dari rumah ini merupakan kebijakan yang bagus untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas sekaligus memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini, namun tetap perlu mengerti keadaan atau kendala yang mungkin terjadi saat menggunakan media sosial.

Namun saat ini, ada kebijakan dari pihak Universitas bahwa pembelajaran dari awal tahun 2022 sudah berlaku untuk pembelajaran offline. Namun masih tetap dengan mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan kegiatan offline seminggu sekali atau dua kali, dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak. Walaupun offline hanya berlaku satu atau dua kali seminggu namun hal ini pun membuat para mahasiswa menjadi antusias dan bersemangat dengan suasana baru dan tidak merasa bosan dengan pembelajaran online yang hanya dirumah saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan