Mohon tunggu...
Nok Asna
Nok Asna Mohon Tunggu... Penikmat Ilmu dan Seni.

Mau informasi seputar perencanaan keluarga dan parenting? kunjungi--> https://skata.info/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Sedang Program Hamil? Yuk, Intip Persiapan Kehamilan Berikut!

14 Oktober 2019   10:15 Diperbarui: 14 Oktober 2019   10:48 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kehamilan adalah momen yang paling ditunggu kehadirannya. Apalagi bagi yang sudah tidak sabar mendengar tangis bayi menghiasi rumah. Oleh karena itu, tidak jarang pasangan yang ingin mempunyai anak melakukan serangkaian persiapan untuk kehamilan. 

Ada yang rela bolak-balik mengunjungi dokter kandungan untuk melakukan program hamil. Nah, sebenarnya berapa sih usia aman untuk hamil dan melahirkan? Menurut dr. Diana Safitri Velies, SpOG(K), M.Kes, usia optimal seorang ibu untuk hamil dan melahirkan adalah antara 20-35 tahun. 

Apabila seorang wanita hamil di bawah usia 20 atau di atas usia 35 tahun, maka akan meningkatkan risiko berat bayi lahir rendah (BBLR), tekanan darah tinggi dan preeklamsia (keracunan kehamilan), keguguran, diabetes gestasional, serta risiko lainnya.

Sedangkan bagi pasangan yang ingin program hamil, sebaiknya dilakukan setidaknya 6 bulan sebelum hamil. Merencanakan kehamilan perlu dilakukan agar kehamilan berjalan lancar dan sehat, selain itu juga sebagai upaya untuk menyiapkan diri menghadapi risiko kehamilan yang mungkin terjadi. 

Selama merencanakan kehamilan yang dapat dilakukan adalah konsultasi dengan dokter, melakukan medical check up, berhenti menggunakan kontrasepsi, dan tentunya merencanakan waktu hubungan seks.

Lalu, apakah persiapan yang perlu dilakukan oleh kedua calon orang tua untuk menghadapi kehamilan?

Kehamilan bukan semata-mata hanya tanggung jawab seorang calon ibu, melainkan juga calon ayah. Kehamilan ibu perlu dukungan dari suami dan tentunya keluarga. 

Baik calon ibu dan calon ayah harus mempersiapkan diri secara mental juga finansial. Berkomitmen menjaga dan menyayangi sang buah hati, mempersiapkan segala kebutuhan bayi dan keluarga, termasuk merencanakan pendidikan yang terbaik untuk sang buah hati.

Selain itu, persiapan kehamilan secara medis yang perlu dilakukan antara lain;

1. Pemeriksaan golongan darah dan rhesus

Pemeriksaan ini bertujuan untuk menghindari atau sebagai deteksi dini terhadap gangguan yang mungkin timbul pada janin, misalnya gangguan akibat perbedaan rhesus ibu dan bayi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x