Mohon tunggu...
asmawi zhang
asmawi zhang Mohon Tunggu... To Be Yourself

Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar. Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha. "B.J., Habibie"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

A New Cold War Between US and China

12 Juni 2020   07:51 Diperbarui: 12 Juni 2020   08:19 31 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
A New Cold War Between US and China
amp.dw.com

Pemasalahan pandemi covid-19 belum usai di seluruh dunia. Banyak kasus covid-19 semakin bertambah di mana-mana.

Banyak pro dan kontra munculnya wabah covid-19. Konspirasi mulai bermunculan, apalagi pandangan US munculnya wabah covid-19 dari laboratorium china (wuhan). Dikarenakan US menganggap cina menutupi informasi dari mana wabah covid-19 pada Desember 2019. Ditambah kericuhan yang terjadi di Tiongkok membuat US memiliki berbagai ansumsi terhadap negara China. Hubungan kerja sama diantara US dan China menjadi memburuk.

Banyak visa mahasiswa asal China ditolak oleh presiden US (Donald Trump). Presiden US menolak visa mahasiswa dari China dengan alasan negara China akan memperkuat pengetahuannya melalui pelajarnya di US untuk memperkuat keamanan dan ketahanan bagi negara China.

Dimana wabah covid-19 berasal dari negara China yang membuat seluruh negara di dunia menderita dan lari dari kasus hal ini, dan tidak melakukan tindakan keilmuannya untuk mendapatkan vaksin dari covid-19 kata presiden US.

Pejabat kemenlu US juga menyalahkan Cina atas pengangguran yang terjadi serta penutupan bisnis akibat pandemi sekarang ini.

"Cina tidak akan memulai masalah apapun. Tapi tidak akan lari dari masalah yang muncul," kata Zhang Yesui, juru bicara parlemen Cina, kepada media seperti dilansir Reuters  pada Jumat, 22 Mei 2020.

Dia pun mengatakan "kerja sama anatara US dan China sangat menguntungkan satu sama lain, tetapi US kehilangan banya dan kerja adalah pendekatan yang bijak sana".

Menlu US, menunding bahwa cina tidak transpran terhadap covid-19 sebelumnya dan meminta akses untuk melakukan investigasi.

Pemerintahan China pun keberetan di tuding covid-19 berasalah dari laboratorium wuhan dan meminta US menunjukan bukti kepada mereka.

Selain itu komflik US dan China bukan hanya ke tidak transparan dari covid-19 namun juga terhadap laut cina selatan dan kebebasan dari bagian China lainnya seperti Taiwan, Xinjiang, perang dagang dan Tibet.

Padang baru, 12-06-2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x