Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kupat Tahu Leo Dozan yang Lezat

27 Oktober 2020   22:22 Diperbarui: 28 Oktober 2020   16:17 164 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kupat  Tahu Leo Dozan yang Lezat
Ketupat tahu Leo Dozan yang lezat (dok asita)

Kupat  tahu dikenal masyarakat sebagai kuliner khas Kota Magelang.


Makanan yang terdiri dari kupat, tahu, tauge, kubis, dengan siraman kuah hitam yang manis itu banyak dijumpai di setiap sudut kota Magelang.

Tapi bagi warga yang tinggal di Serpong, Tangerang Selatan bisa menikmati kupat tahu asal Magelang tersebut di Pasar Modern BSD City tepatnya  di Restoran Ketupat Tahu Leo Dozan yang lokasinya di Ruko Pasar Modern BSD depan pintu masuk gerbang barat.

Rasa kupat  tahu Leo Dozan persis dengan rasa asli kupat  tahu kalau kita makan di Magelang, Jateng. Karena bumbu kupat tahu yang digunakan  memakai bumbu rempah asli Magelang dan mengunakan gula aren supaya rasa kuahnya  tidak begitu manis.

Leo Dozan sedang meracik bumbu ketupat tahu ( dok asita)
Leo Dozan sedang meracik bumbu ketupat tahu ( dok asita)
 Sudah 20 tahun Leo Dozan membuka usaha restoran dengan menu asal kampung kelahirannya yang dekat dengan Candi Borobudur.

Tak disangka, rasanya begitu spektakuler. Saya langsung jatuh cinta pada sendokan pertama. Kupatnya padat namun lembut saat dikunyah. Bumbunya pas rasanya antara manis, gurih, pedas. Bumbu kacang setengah cair ini terasa mengalir di seluruh dinding lidah. Manis namun sangat lembut dan rasa kacang gorengnya bercampur cabe terasa pas di lidah.

Karena saya memang dalam posisi sangat lapar saat itu. Terasa asli enak. Gorengan bakwan yang baru saja matang dari penggorengan tersebut renyah di luar dan sedap di dalam. Apalagi jika dinikmati bersama dadar telur yang dijadikan toping makanan.

Harga ketupat tahu biasa Rp 20.000 dan istimewa Rp 25.000 tambah dadar telur Rasanya tidak terlalu mahal untuk harga makanan di Pasar Modern BSD .

Leo Dozan adalah kakak kandung Willy Dozan, seorang artis film yang dulu terkenal dengan istri Betharia Sonata.

Sudah 20 tahun Leo Dozan berjualan ketupat tahu di lingkungan BSD . Awal datang ke Jakarta berjualan di daerah Nusa Loka dan kemudian pindah di  Pasar Modern BSD sampai sekarang ini.

Onzetnya sebelum pandemi covid 19, sehari bisa menjual 80 piring kupat tahu.Tapi sekarang setelah pandemi merebak onzetnya berkurang sampai 50 persen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN