Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Tahun 2018, Banyuwangi Memiliki 77 Acara Kalender Wisata Menarik

3 Februari 2018   12:32 Diperbarui: 3 Februari 2018   13:04 2394 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahun 2018, Banyuwangi Memiliki 77 Acara  Kalender Wisata Menarik
Acara gandrung sewu di Banyuwangi (dok travel.kompas.com)

Acara 77  kalender wisata menarik  untuk tahun 2018 di Kabupaten Banyuwangi, Jatim telah diluncurkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Peluncuran dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kamis (1/2/2018).

Menurut siaran pers dari Kemenpar, peluncuran 77 Top kalender acara merupakan upaya Pemkab Banyuwangi menyuguhkan atraksi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi, sekaligus mendukung program Visit Wonderful Indonesia (VIWI) 2018 dalam meraih target 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2018 dan 20 juta wisman pada 2019.

Acara 77 top kalender acara Banyuwangi Indonesia Festival 2018, sebanyak 3 (tiga) even menjadi bagian dari program 100 Calender of Event Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018 yang digelar di 18 destinasi pariwisata unggulan, yakni; Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) masuk dalam TOP 10 Nasional Events (EoE WI), sedangkan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI ) dan Gandrung Sewu masuk TOP 100 Nasional Events (CoE WI) 2018.

Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Banyuwangi yang aktif mengemas event pariwisata dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

Acara musik lesung di Desa Kemiren (dok banyuwangibagus.com)
Acara musik lesung di Desa Kemiren (dok banyuwangibagus.com)
"Branding Banyuwangi sebagai The City of Carnival dan Festival harus memiliki event yang berkualitas sepanjang tahun, dan Top 77 calender event ini akan mendorong wisatawan berkunjung ke Banyuwangi karena setiap hari dapat menyaksikan karnaval dan festival," kata Menpar Arief Yahya.

Menpar menjelaskan, Banyuwangi telah ditetapkan sebagai satu di antara 10 destinasi yang di-branding atau co-branding Wonderful Indonesia dengan brand "Banyuwangi The City of Carnival and Festival" karena kesiapan unsur 3A-nya (atraksi, amenitas, dan aksibilitas) terutama konektivitas udara dengan diterbanginya Bandara Blimbingsari Banyuwangi oleh sejumlah maskapai nasional dari Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Pada kesempatan Launcing TOP 77 Calender of Event Banyuwangi Indonesia Festival 2018, Banyuwangi turut meluncurkan Aplikasi Resmi Banyuwangi, didalamnya sobat wisata bisa melihat berbagi event-event yang akan dilaksanakan di Banyuwangi.

Dalam acara tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengkukuhkan Kabupaten Banyuwangi sebagai "The City Of Carnival and Festival". "Saya kukuhkan. Banyuwangi sebagai The City of Carnivalnya and Festival," tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya saat melaunching Top 77 Calender oF event Banyuwangi Indonesia Festival 2018 .

Penetapan itu punya dasar yang sangat kuat. Ukurannya sangat jelas. Semua dikalibrasi, dinilai hingga dikurasi. Dari 100 event yang diusulkan, Banyuwangi siap menggelar 77 event di sepanjang 2018.

Banyuwangi Ethno Carnival (dok detik.com)
Banyuwangi Ethno Carnival (dok detik.com)
"Untuk atraksi, Banyuwangi tercatat paling cepat berkembang karena melibatkan seluruh potensi masyarakat. Bila tahun 2012 baru ada 12 event, tahun 2017 meningkat menjadi 72 event, dan tahun ini menjadi 77 event dengan sejumlah event unggulan yang masuk dalam Calendar of Event Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018," tambahnya.

Menpar Arief juga meminta, agar daerah lain bisa mencontoh apa yang dilakukakan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Berkat komitmen pemimpinnya, Banyuwangi bisa cepat ngehits. Destinasinya kian banyak dikunjungi wisnus dan wisman. Endingnya, income per kapita Banyuwangi mencapai 46,1 juta rupiah pertahun. Nominalnya ada di posisi dua setelah Surabaya di Jawa Timur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x