Mohon tunggu...
Chairunnisa Ilmi
Chairunnisa Ilmi Mohon Tunggu... An Ambivert

Mahasiswa jurusan Antropologi Budaya di ISBI Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Kajian Fungsi Aksesoris di Masyarakat (Toko Aksesoris di Bandung Indah Plaza)

28 November 2020   15:37 Diperbarui: 28 November 2020   15:44 60 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kajian Fungsi Aksesoris di Masyarakat (Toko Aksesoris di Bandung Indah Plaza)
Kajian tentang fungsi aksesoris di masyarakat/gotomalls.com

Fungsi Aksesoris di Masyarakat

Perngertian aksesoris adalah barang yang dikenakan seseorang untuk menambah keselarasan dan keindahan si pemakainya. Aksesoris merupakan hal yang penting sekali dalam berbusana, entah itu desain minimalis, maupun tidak, tapi masyararkat terutama perempuan sangat menikmati dalam memakai pemanis busana itu. Ada yang memakainya untuk menyelaraskan penampilan, dan ada juga yang hanya untuk membuat penampilan lebih beda saja.

Di Bandung Indah Plaza terdapat sekitar 10 toko yang menjual aksesoris. Ada dua jenis toko, pertama yang menjual di emperan tempat penjalan kaki, kedua pertokoan yang di desain sesuai tema masing-masing.  Tentunya pertokoan dengan desain yang lucu lebih menarik hati masyarakat untuk membeli dari pada yang di emperan pinggir pejalan kaki. Toko yang besar tersebut diantaranya adalah Stroberi, Naughty Accesories, dan Minimal. Sedangkan toko di emperan pejalan kaki tidak memiliki nama dan penjual hanya menyebutkan nama pemilik usahanya tersebut saat diwawancarai.

Sample pertama adalah toko Stroberi. Toko ini merupakan salah satu brand terekemukan di Indonesia  dengan spesialisasi aksesoris dan berbagai barang fancy.Toko ini menjual berbagai aksesoris perempuan remaja yang lucu-lucu. Toko ini menjual barang-barang berkualitas yang sesuai dengan isi kantong remaja. Dengan konsep yang unik dan fresh, toko ini juga memanjakan pelanggannya dengan konsep interior yang menarik hati.

Para pelanggan merupakan remaja SMP hingga orang dewasa, namun kebanyakannya adalah anak remaja. Mereka mengunjungi stroberi sebanyak sebulan sekali. Barang yang dibeli tidak terlalu banyak, rata-rata tidak sampai ratusan ribu. Kebanyakan membeli barang disini untuk dijadikan kado para temannya yang seumur.

Menurut salah satu pelanggan yang kami wawancarai alasan dia membeli aksesoris di Toko Stroberi karena ingin jalan-jalan dan mencari barang yang lucu. Menurut dia, suasana toko dan barang-barang yang lucu dapat memperbaiki mood. Menurutnya setiap ada kesempatan ke BIP dia selalu menyempatkan untuk mengunjungi toko Stroberi ini.

Sample kedua adalah toko Naughty. Konsepnya hampir sama dengan toko Stroberi, barang yang dijual pun berupa aksesoris dan barang-barang lucu lainnya untuk remaja perempuan. Pengunjungnya pun adalah remaja hingga perempuan dewasa yang masih menyukai barang-barang fancy.

Menurut salah satu pelanggan yang jadi narasumber kami, alasan ia berbelanja di toko Naughty karena aksesoris yang dijual di toko ini lucu-lucu dan ia menyukainya, bermanfaat untuk kesenangan pribadi di kamarnya.

Sample ke-tiga adalah toko aksesoris di pinggir pejalan kaki. Pemiliknya adalah ibu Hanny. Beliau adalah orang Garut yang sudah berjualan di BIP sejak pertama kali BIP buka. Toko ini merupakan lapak sederhana dengan mengandalkan meja panjang dan beberapa tihang kecil untuk display barang barangnya. Dengan dialasi menggunakan kain belludru merah hati, berbagai aksesoris mulai dari cincin, gelang, kalung, bros, dan peniti dipajangkan disini. Selain barang tersebut, ibu Hanny juga menjual mutiara.

Menurut salah satu pelanggan, mereka belanja disini karena tertarik dengan aksesoris berupa bros yang elegan, cocok untuk dipadu padankan dengan hijab saat pergi ke acara kondangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x