Mohon tunggu...
Asalaja
Asalaja Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis Cerpen Pemula

Suka nulis cerpen yang out of the box

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Penyebab Oli Gardan Bocor? Salah Satunya Seal Oli yang Rusak

27 September 2021   01:00 Diperbarui: 27 September 2021   01:00 35 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyebab Oli Gardan Bocor? Salah Satunya Seal Oli yang Rusak
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Penyebab oli gardan bocor disebabkan oleh beberapa hal. Oli gardan termasuk jenis oli yang memiliki peranan penting pada kendaraan. Oli gardan yang fungsinya untuk melumasi mesin transmisi. Hal itu agar lebih awet dan aman saat digunakan berkendara.

Namun apabila oli gardan mengalami kebocoran tentunya akan menjadi suatu masalah. Pastikan segera mengetahui yang menjadi penyebabnya. Sehingga tidak akan menambah masalah pada komponen lainnya.

Inilah Beberapa Penyebab Oli Gardan Bocor

Apabila pada oli gardan mengalami kebocoran tentunya tidak bisa membiarkannya. Untuk itu ketahui beberapa hal yang menjadi penyebab kebocoran berikut ini.

Seal Oli yang Rusak

Rusak atau pecahnya seal oli gardan termasuk salah satu penyebabnya. Sehingga mengakibatkan munculnya kondisi oli gardan bocor. Seal oli adalah salah satu komponen yang terbuat dari karet maupun plastik.

Fungsinya sebagai penyumbat atau perapat. Hal itu agar oli tidak merembes keluar. Namun rusaknya seal ini biasa terjadi secara normal akibat usia kendaraan yang sudah tua.

Volume Oli Berlebihan

Kondisi lainnya yang menjadi salah satu penyebab bocornya oli kendaraan tersebut. Apabila kondisi volume oli yang diisikan dalam ruang transmisinya lebih banyak. Hal itu yang melebihi dari jumlah kapasitasnya. Sehingga dapat mengakibatkan beberapa oli gardan keluar kembali.

Pemasangan Seal Oli Gardan yang Kurang Pas

Penyebab kebocoran lainnya apabila terjadi kesalahan pada pemasangannya. Oli gardan yang terpasang kemungkinan tidak tepat dan kurang rapat. Hal itu akan menyebabkan keluarnya oli. Sehingga perlu memperhatikan penutupan seal oli tersebut. Pastikan letaknya tepat akan dapat tertutup dengan sempurna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan