PEDAGOGI KRITIS Â : PEMIKIRAN HENRY GIROUX TENTANG PENDIDIKAN DAN RELAVANSINYA UNTUK INDONESIA
 Dalam Artikel  ini membahas tentang cara berpikir kritis dalam dunia pendidikan yang berhubungan dengan pola pikir pendidikan di kalangan pendidik dan masyarakat yang berpikir secara mendalam dan mengkaji arti draipada pendidikan yang sudah di tetapkan di indonesia dengan mengunakan teori Henry giroux.
 Adapun teori pedagogi kritis dalam pemikiran Henry Giroux ini membahas tentang pendidikan dan hubungan antara manusia dengan manusia yang berpikir secara kristis agar telepas dari dominasi yang terjadi pada saat ini tentunya hal ini di kaji dalam dunia pendidikan yang ada Indonesia.Â
Pedagogi secara yang kita pahami adalah sebagai metode pengajaran sedangkan pedagogi kritis pemikiran Henry Giroux ingin berupaya memperluas makna pedagogi menjadi paradigma kehidupan, yakni suatu pandangan yang dianut seseorang yang mendalam di dalam melihat dan hubungannya dengan orang lain dan perkembangan dunia saat ini dalam pendidikan.Â
Dalam artian paradigma yang dianut Henry ini bersikap kritis, artinya ia mempertanyakan hubungan-hubungan kekuasaan yang terletak di dalam masyarakat sehingga menghasilkan pola masyarakat tertentu.
Dalam hal ini terbentuknya sikap krisis. kritis yang di dimaksud adalah sikap kritis yang dibarengi dengan keluasan wawasan dan kepekaan moral. Keluasan wawasan ialah kemampuan kita dalam melihat sebuah persoalan yang ada kaitanya dengan pesoalan-persoalan lainnya.Â
Maka bisa dikatakan bahwa ini berbicara tentang kesadaran diri dari dalam diri dalam suatu hubungan dari segala sesuatu dan di barengi dengan kepekaan moral.Â
Yang di maksud dengan kepekaan moral ialah kemampuan untuk membuat suatu penilaian baik dan buruk terhadap suatu peristiwa dengan dasar-dasar yang masuk akal.Â
Maka dengan adanya perpaduan antara keluasan wawasan serta kepekaan moral yang terdapat dalam pedogogi ini bisa menjadi inspirasi bagi pendidikan untuk mendorong keterlibatan sosial dan membawa perubahan pemikiran dalam masyarakat.
Hendry Giroux adalah salah seorang tokoh pendiri Pedogogi kritis. Di dalam pedagogi kritisnya ia mengkaitkan dengan dengan pendidikan, kajian budaya, kajian politik, kajian media dan teoritis.Â
Dalam karyanya ia banyak melakukan kritik tajam terhadap cara pandang neoliberlisme yang tidak hanya menghantam dunia ekonomi tetatapi juga pada dunia pendiidkan dan budaya pada umumnya.