Mohon tunggu...
Arya Amarta
Arya Amarta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa unpam serang

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence Pilihan

Perbandingan Antara Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kecerdasan Buatan (AI)

24 Oktober 2023   08:10 Diperbarui: 24 Oktober 2023   08:27 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Artificial Intelligence. Sumber ilustrasi: pixabay.com/Gerd Altmann

Perbandingan Antara Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kecerdasan Buatan (AI): Peran, Kelebihan, dan Tantangan

Di era yang didorong oleh teknologi saat ini, perbandingan antara Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik penting. Meskipun keduanya memiliki peran yang krusial dalam berbagai aspek kehidupan kita, mereka memiliki karakteristik dan kemampuan yang sangat berbeda. Artikel ini akan membahas perbedaan antara SDM dan AI dalam hal peran, kelebihan, serta tantangan yang mereka hadapi.

Peran SDM dan AI

Sumber Daya Manusia (SDM): SDM merujuk pada tenaga kerja manusia yang melibatkan individu dengan beragam keahlian, pengetahuan, dan pengalaman. Peran utama SDM dalam masyarakat adalah sebagai agen pengambil keputusan, pelaksana pekerjaan, dan pemecah masalah. Mereka memainkan peran sentral dalam hampir setiap sektor ekonomi dan memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, beradaptasi dengan perubahan, serta berkontribusi pada inovasi.

Kecerdasan Buatan (AI): AI adalah teknologi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu berdasarkan pemrograman dan pembelajaran mesin. Peran utama AI adalah memproses data dengan cepat, mengidentifikasi pola, dan menjalankan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia, seperti analisis data, pengenalan wajah, atau bahkan mengemudi mobil otonom. AI bertindak sebagai alat yang dapat memperkuat kemampuan manusia dalam mengeksekusi tugas-tugas yang membutuhkan komputasi dan pemrosesan data yang intensif.

Kelebihan SDM dan AI

Kelebihan SDM:

Kreativitas dan Inovasi: Manusia memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif dan berinovasi. Mereka mampu menghasilkan ide-ide baru, seni, dan penemuan yang tidak terbatas oleh algoritma atau program.

Konteks Sosial: SDM memahami konteks sosial, nilai, dan etika. Mereka dapat berinteraksi dengan empati dan kebijaksanaan dengan orang lain, mengakui perasaan dan kebutuhan mereka.

Kemampuan Belajar Terus-menerus: Manusia dapat terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan. Mereka dapat mengejar pendidikan tambahan, mengubah keahlian mereka, dan berkembang seiring waktu.

Kelebihan AI:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun