Mohon tunggu...
Arwin Fathurrakhman
Arwin Fathurrakhman Mohon Tunggu... Lainnya - Pegawai Negeri Sipil

Lampung

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Peran Perencanaan Kas untuk Kualitas Penyerapan Anggaran Satker yang Lebih Baik

6 Desember 2021   16:45 Diperbarui: 7 Desember 2021   07:36 634 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi laporan keuangan (freepik.com/chormail via kompas.com)

Fenomena akhir tahun anggaran

Adalah hal yang berbeda setiap menjelang akhir tahun bagi sebagian dari kami para pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan terutama di kantor kantor pelayanan yang tersebar di daerah dimana kami ditugaskan. 

Ritme dan volume pekerjaan biasanya akan meningkat tajam tidak seperti biasanya, karena menjelang akhir tahun seolah menjadi tradisi para pengelola keuangan yang memiliki amanat kegiatan pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk segera “mengoptimalkan” sisa-sisa anggaran.

Terkadang kami seakan tidak habis pikir, bagaimana “euforia” detik-detik terakhir menghabiskan anggaran ini selalu muncul menjelang akhir tahun. 

Dari definisi menurut para ahli yang saya dapatkan ketika browsing internet, kata euforia merupakan suatu perasaan senang yang berlebihan yang tidak beralasan atau lebih tepatnya rasa optimisme akan kekuatan yang tidak rasional.

Kegiatan-kegiatan rutin yang sudah jatuh tempo tepat pada periode akhir triwulan empat memang tidak begitu memberikan dampak. Namun apa jadinya bilamana pekerjaan-pekerjaan fisik yang baru dimulai justru pada paruh terakhir periode tahun anggaran, pertanyaan besar mengenai kualitas pekerjaan seringkali menghantui kami dalam proses pencairannya.

Dampaknya kami sering mengabaikan waktu bersama keluarga yang justru menjelang akhir tahun seperti ini anak-anak mendapat liburan sekolah yang cukup panjang.

Penyerapan anggaran memang merupakan masalah klasik yang sudah berlangsung lama dari tahun ke tahun, dan upaya-upaya percepatan penyerapan anggaran sebenarnya telah banyak dilakukan, akan tetapi memang belum memberikan dampak yang signifikan. Hal ini terjadi karena percepatan penyerapan anggaran tersebut sepenuhnya tergantung pada Satuan Kerja (Satker) selaku Kuasa Pengguna Anggaran.

Perencanaan versus Penyerapan anggaran

Bila dilihat dari sisi perencanaan kas, keterlambatan dan ketidakpastian penyerapan anggaran berdampak pada titik optimalnya usaha penempatan dan investasi kas pemerintah. Pemerintah tidak akan mengambil resiko melakukan investasi apabila terdapat ketidakpastian penyerapan anggaran.

Berdasarkan hasil survey yang pernah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan menunjukkan bahwa aspek perencanaan anggaran terkecuali belanja pegawai mencakup permasalahan seperti kurangnya waktu bagi satker dalam penyusunan dan penelaahan anggaran, perencanaan anggaran untuk pembangunan fisik yang masih memerlukan revisi, adanya pagu anggaran yang diblokir serta satker yang sering mengabaikan jadwal perencanaan penarikan dananya dalam Halaman III DIPA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan