Mohon tunggu...
Arum Butler
Arum Butler Mohon Tunggu... Just me.....

The Wallflower and The Wildflower Alumni Danone Blogger Academy Batch 1 Tahun 2017 www.arumsukapto.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Sunpride Melengkapi Nutrisi Selama Berpuasa

24 Juli 2016   20:54 Diperbarui: 26 Juli 2016   09:44 79 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sunpride Melengkapi Nutrisi Selama Berpuasa
Nangkring Kompasiana bersama SUNPRIDE di Arion Swiss Belhotel Kemang Jaksel (Dokpri)

Puasa tahun ini Kompasiana mengadakan nangkring bersama SUNPRIDE pada tanggal 25 Juni 2016 berlokasi di Arion Swiss-Belhotel Kemang Jakarta Selatan dengan menggunakan dresscode kuning yang identik dengan buah pisang Cavendish SUNPRIDE.  Dengan tema Lengkapi Nutrisimu Sepanjang Ramadhan selama acara diawali dengan perkenalan Ibu Luthfiany Azmawi selaku Manager Marketing dan Komunikasi PT Sewu Segar Nusantara, ahli gizi Mayapada Hospital Dr Pauline Endang, Ms, SpGk serta Ustad Rezky Ariandi yang menjelaskan tentang pentingnya buah bagi tubuh selama berpuasa.

Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim di dunia dari sahur pagi hari hingga waktu magrib, dan di Indonesia sekitar 14 jam sehari dengan menahan napsu lapar dan dahaga.  Sebagai ahli gizi, Dr Pauline Endang, Ms, SpGk memberikan tips untuk tetap sehat selama berpuasa.

Lawan rasa malasmu untuk makan Sahur

Sebagian besar orang memang merasakan rasa malas untuk bangun tidur dan makan sahur padahal untuk menjaga stamina tetap sehat selama berpuasa sebulan penuh diharuskan tetap mendapatkan nutrisi dan vitamin yang lengkap.  Setiap bangun tidur langsung mencuci muka dan gosok gigi yang akan menghilangkan rasa malas dan mengantuk.  Menggosok gigi ini membuat badan lebih segar sehingga kita menjadi berselera untuk makan sahur.  Makanan sahur harus memiliki komposisi yang seimbang yaitu karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.  Pilihlah makanan yang kaya serat karena lebih mengenyangkan dalam waktu yang lama serta mempermudah proses pembuangan secara rutin.  Makanan berserat banyak terdapat pada sayuran, buah-buahan, jadi setiap sahur diharuskan makan sayur dan buah-buahan yang lebih banyak dari makan berbuka.

Buah dan sayur kaya serat makanan (Dokpri)
Buah dan sayur kaya serat makanan (Dokpri)
Pemilihan buah-buahan yang tepat saat makan sahur dan salah satu buah yang istimewa untuk makan sahur adalah buah pisang.  Buah pisang mengandung kalium cukup tinggi yang sangat baik untuk sistem pencernaan, melapisi serta mempertebal dinding usus dan lambung.  Makan buah pisang pada saat sahur merupakan pilihan sangat tepat untuk penderita maag.  Pisang mengandung karbohidrat kompleks, gula alami, serat, mineral dan asam amino yang mampu mengenyangkan tahan lebih lama.   Buah pisang ini juga menjadi pilihan paling praktis yang lengkap nutrisi sebagai solusi bila kita bangun kesiangan mempet waktu Adzan Shubuh.

Buah Pisang untuk makan sahur (Dokpri)
Buah Pisang untuk makan sahur (Dokpri)
Berbuka puasa dengan yang manis

Kita sering mendengar kalimat "Berbukalah puasa dengan yang manis" selama berpuasa, kalimat tersebut memang benar adanya karena selama berpuasa dengan kesibukan beraktivitas sehari-hari membuat kadar gula darah kita menjadi turun dratis.  Kadar gula darah yang rendah ini bisa meningkat bila saat berbuka puasa menyantap takjil/makanan yang manis.  Pilihlah makanan berkarbohidrat sederhana memiliki indeks glikemik tinggi, sehingga mudah meningkatan kadar gula darah dengan cepat.  Untuk penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat sederhana pada sahur maupun berbuka puasa.  Contoh makanan berkarbohidrat sederhana: gula pasir, gula merah, gula batu dan madu.  Apabila sebelum berbuka puasa memiliki px gula darah bila GDS < 70mg/dl maka dianjurkan mengkonsumsi makanan berbuka dengan gula murni.  

Kebutuhan Air Putih

Guna memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh maka selama berpuasa tetap minum air putih sehari sebanyak 8 gelas sehari, bisa diatur sesuai kebutuhan tubuh misal sahur 4 gelas dan berbuka puasa 4 gelas. Minum air putih ini juga sangat penting untuk menghindari tubuh dari dehidrasi selama beraktivitas seharian dan sangat dianjurkan untuk tidak minum kopi atau teh selama sahur karena menghindari pembuangan cairan secara berlebih setelah sahur.  Dengan memenuhi asupan nutrisi selama sahur dan mengkonsumsi air putih secara tepat akan menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah lemas sehingga bisa menjalankan aktivitas seharian.

Setelah penjelasan panjang tentang pentingnya makanan bernutrisi selama berpuasa, dilanjutkan kultum menjelang berbuka puasa oleh Ustadz Rezky Ariandi tentang Keistimewaan buah pisang yang tercantum didalam Al Quran Surat Al Waqiah 56:27-28. Buah pisang merupakan salah satu buah yang dihadiahkan bagi penghuni surga.  Bersyukurlah kita tinggal di negara Tropis dimana Indonesia sebagai negara yang cocok untuk menanam buah pisang.  Salah satu buah pisang yang menjadi favorit untuk dikonsumsi yaitu jenis Cavendish dan produsen pisang Cavendish terbesar di Indonesia adalah SUNPRIDE.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x