Program Bhakti Akademisi merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Program ini dirancang untuk melatih mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam melaksanakan pengabdian di berbagai lingkungan, baik di institusi pendidikan seperti sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat. Melalui program ini, mahasiswa didorong untuk mengembangkan kepekaan sosial, serta semangat kontribusi terhadap pembangunan bangsa terutama dalam dunia pendidikan dan nilai-nilai karakter.
Arum Mayangsari salah satu mahasiswa PGSD UNNES dengan dosen pengampu mata kuliah IPA Terapan yaitu Aldina Eka Andriani S.Pd., M.Pd dan Dr. Eka Titi Andriani S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) berhasil menunjukkan kolaborasi dengan SDN Sadeng 03, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan guru dan peserta didik kelas III SD Negeri Sadeng 03, yang dimana kegiatan ini lebih difokuskan terkait pelatihan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi bersama guru dan peserta didik pada kelas III Â tersebut diperoleh analisis kebutuhan sebagai berikut : (1) guru kelas 3 tersebut belum menguasai penggunaan media digital seperti canva, (2) media pembelajaran yang digunakan masih didominasi oleh media konkret, (3) pembelajaran cenderung kurang variatif dan kurang menarik bagi peserta didik karena minimnya pemanfaatan teknologi oleh guru dalam proses belajar mengajar, (4) dan peserta didik lebih masih mengalami kesulitan yaitu pada materi ciri-ciri makhluk hidup
Dengan analisis kebutuhan tersebut, maka diperoleh ide atau produk inovasi yaitu multimedia pembelajaran interaktif berbantuan QR Code untuk meningkatkan literasi digital guru pada pembelajaran IPAS materi ciri-ciri makhluk hidup kelas III SD Negeri Sadeng 03.
Sebagai mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Bhakti Akademisi, saya berkontribusi dengan membuat multimedia pembelajaran interaktif berbantuan QR Code menggunakan platform desain Canva. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik, efisien, dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Di era digital seperti sekarang, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi suatu keharusan, terutama untuk meningkatkan literasi digital guru serta mendorong minat belajar peserta didik. Dengan menghadirkan media pembelajaran yang inovatif dan mudah diakses melalui perangkat digital, diharapkan kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara lebih efektif, interaktif, dan adaptif terhadap kebutuhan zaman.
Saya melakukan sosialisasi kepada guru kelas 3 terkait pelatihan pembuatan multimedia pembelajaran interaktif berbantuan QR Code untuk meningkatkan literasi digital guru pada pembelajaran IPAS materi ciri-ciri makhluk hidup kelas III SD Negeri Sadeng 03.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI