Mohon tunggu...
Muhammad Azry Zulfiqar
Muhammad Azry Zulfiqar Mohon Tunggu... Independent Writer

Coffee, Fee, Fee muhammadazry34@gmail.com Blog: https://horotero.wordpress.com/ Bekerja dan mencuri waktu berselingkuh dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Waktu Magrib yang Lekat dengan Hal Seram

7 Desember 2020   10:39 Diperbarui: 7 Desember 2020   10:46 102 4 0 Mohon Tunggu...

Beragam tontonan dari layar lebar maupun film-film pendek menceritakan keseraman pada setting waktu magrib. Apa itu waktu magrib? waktu dimana matahari tenggelam di barat dan hari berganti ke malam. Lalu mengapa magrib bisa seseram yang orang-orang ceritakan? semua ada asal muasalnya dan terlebih lagi ulasan dari banyak sisi.

Zaman dahulu sampai saat ini, waktu matahari tenggelam memang diwarnai dengan hal mistis, mitos, gangguan kesehatan, pamali, setan, jin dan bahkan munculnya tindak kriminal. Jadi memang tidak hanya semua yang kasat mata saja yang bermunculan diwaktu magrib melainkan banyaknya tindakan manusia yang merugikan atau bahkan kriminal seperti pencurian dan maling karena waktu magrib memang waktu dimana setiap manusia sedang beristirahat maupun melaksanakan solat magrib.

Jika dibahas tentang hal mistis dahulu, banyak hal-hal yang dianggap mengerikan di waktu magrib seperti anak kecil yang dilarang keluar waktu magrib, dilarang menyapu, dilarang tidur saat magrib, munculnya jin dan setan jahat, menutup pintu sewaktu magrib dan  serta larangan mandi di waktu magrib.

Kegiatan umum seperti tidur, mandi, bermain dan apapun dilarang diwaktu magrib. Mengapa? pertama memang ini tradisi orang tua zaman dahulu yang sangat disiplin dan melarang anak-anak untuk keluar pada waktu magrib. Zaman dahulu memang hal mistis tak bisa dipungkiri ada dan mitos pun masih banyak berkembang.

Berbagai kesaksian penampakan, bayi yang menangis karena "ditempeli" dan apapun soal keisengan "mahkluk gaib" memang secara objektif semua orang hampir pernah mengalaminya. Jika diulas dari agama Islam bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menganjurkan untuk menutup pintu-pintu rumah saat Magrib tiba. Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim Rasulullah SAW bersabda: 

"Jika masuk awal malam, beliau mengatakan: jika kalian memasuki waktu sore, maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup." begitulah bunyi hadist tersebut lalu dilanjut 

"Jangan lepaskan hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai berlalunya awal isya karena para setan berkeliaran antara waktu terbenamnya matahari sampai berlalunya awal Isya." Dari semua itu, memang kegiatan apapun dilarang di waktu magrib kecuali untuk orang-orang yang pergi jauh dan masih dalam perjalanan atau keperluan lainnya.

Citra suasana magrib memang bukan rekaan dan sekedar mitos, setelah dari agama mari menilik dari sisi kesehatan. Mitos seperti jangan tidur waktu magrib yang dikatakan diatas memang benar larangannya karena dapat menurunkan daya tahan tubuh dan menjadi linglung serta resiko kadar gula maupun memancing kolesterol. Lalu dengan larangan  jangan mandi waktu magrib yang memang lekat dengan rematik dan pegal-pegal. Mungkin inilah sebab kebaikan supaya setiap orang bisa sehat mengingat kesehatan nomor satu dan pentingnya memperhatikan pantangan-pantangan di atas.

Lalu, alasan kriminal yang meningkat pun juga terjadi di waktu magrib. Pernah mendengar tentang berita aksi curanmor, penculikan anak-anak serta penodongan? ya, sebagian terjadi diwaktu magrib yang rata-rata memang sepi terutama di desa. Mungkin inilah sebab anak kecil atau siapapun dilarang keluar sewaktu magrib karena berpotensi membahayakan diri.

Untuk macam-macam mitos seperti larangan menyapu di waktu magrib, kisah wewe gombel serta larangan melakukan aktivitas lainnya memang masih dipercaya dan untuk sebabnya lebih baik Kita lihat dari kacamata agama, kesehatan dan keamanan. Karena, mitos yang dianggap takhayul dan aneh pun tak mungkin diturunkan tanpa menyisipkan nilai-nilai kebaikan dari para leluhur. Mau percaya atau tidak silahkan namun jika percaya ambil baiknya saja dengan tidak melebih-lebihkan dan jika tak percaya lihatlah dan bergeser dari kacamata agama, kesehatan dan keamanan karena memang secara tidak langsung ada benang merahnya.

Untuk atmosfer magrib mengapa terlihat menyeramkan? tak lain tak bukan karena memang warna langit dan peralihan ke waktu malam memang terlihat agak "seramdan membuat siapapun yang melihat lebih seram dari malam hari yang gelap total. Terlebih lagi dari kecil memang "dicekoki" dengan bermacam-macam cerita hantu namun tidak diceritakan mengenai manfaat dan hikmah dibalik larangan-larangan tersebut sehingga hanya berfikir mistis saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN