Popularitas rasa-rasanya sudah menjadi domain para generasi muda pada umumnya, walaupun segelintir orang tetap merasa lebih nyaman dibalik layar.
Mengejar popularitas memiliki beragam alasan, mulai yang hanya ingin populer saja, ataupun memang belum begitu populer dan ingin diorbitkan.
2 hari yang lalu saya membaca artikel perseteruan miskomunikasi antara seorang citizen journalist dan sebuah perusahaan raksasa.
Untuk perusahaan raksasa tersebut, tentu bukan hal yang sulit untuk menjaga popularitasnya atau bahkan mendongkraknya lagi, sedangkan untuk seorang citizen journalist perlu perjuangan yang membutuhkan jiwa dan raga untuk sekedar populer.
Dalam dunia maya, popularitas ini khususnya di Indonesia sedang booming yang namanya popularitas Ranking 1 atau biasa orang menyebutnya Halaman 1. itulah yang kita sebut dengan Kontes SEO (Search Engine Optimization).
Kontes SEO booming di Indonesia sekitar tahun 2012 yang awalnya dilakukan oleh pemilik merek atau perusahaan besar lainnya. Namun seiiring perkembangan jaman ternyata banyak pula penyelenggara kontes berasal dari blogger-blogger yang hanya bermodal laptop dan modem (seperti saya ini hehehehe...)
Sejauh untuk mengasah keterampilan dan menjadi ajang kompetisi, kontes sejenis lainnya memang sangat bermanfaat untuk memacu perkembangan dunia maya di Indonesia.
Kontes popularitas-pun semakin melebar mulai dari Kontes SEO, Fan Page, sampai ke Kontes Komentar Blog.
Sejauh ini kontes-kontes tersebut belum menunjukkan hal negatif yang berlebihan, namun wala demikian setiap apapun di dunia ini pasti ada efek bagus dan juga buruknya.
Terserah kita menyikapinya dan tentunya efek positif yang harus kita ambil saja.