Mohon tunggu...
Mulia ArtaKusuma
Mulia ArtaKusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa penulis amatir

Seorang mahasiswa yang ingin menulis

Selanjutnya

Tutup

Travel

Sungai Cibagolo dari Objek Wisata Jadi Berita

19 September 2020   09:17 Diperbarui: 19 September 2020   09:33 7 1 1 Mohon Tunggu...

               Sungai Cibagolo merupakan salah satu anak sungai Ciliwung di Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Sungai ini pernah menjadi ikon wisata Kelurahan Bantarjati sebelum terjadinya bendungan cibagolo yang ambruk, pasalnya sungai ini sempat di kenalkan oleh lurah Bantarjadi dan juga Walikota Bogor kepada masyarakat umum sebagai sungai objek wisata dan bisa digunakan oleh warga maupun pengunjung untuk berenang dan bermain disungai tersebut.

               Kondisi sungai saat ini bisa dikatakan mengenaskan karena yang sebelumnya bisa dijadikan objek wisata sekarang hanya menjadi beban bagi para warga dan juga orang-orang yang mengandalkan air dari sungai, bukan hanya warga yang berada di pinggiran sungai tetapi orang yang memiliki pemancingan dan memiliki pemasukan yang berasal dari sungai tersebut tidak bisa lagi mengandalkan sungai tersebut karena keadaannya yang mongering dan tidak mengaliri air sebanyak sebelumnya.

                Tim KKN-T IPB University Bogor Kota 08 melakukan survey kepada para warga yang terdampak oleh mengeringnya Sungai Cibagolo, dan reaksi para warga terhadap mengeringnya sungai sangat dirugikan karena dengan mengeringnya sungai tersebut para warga yang tidak bertanggung jawab membuang sampah sembarangan sehingga menjadi sumber jentik nyamuk. Belakangan ini banyak warga yang terkena penyakit DBD dan penyakit saluran pernapasan dikarenakan oleh sungai yang memiliki aroma busuk yang menyengat.

                Warga berharap pemerintah segera memperbaiki tanggul yang rusak, karena warga tidak bisa bergerak untuk memperbaiki sungai akibat kekurangan sumberdaya manusia maupun peralatan yang memadai. Dari Tim KKN-T IPB menyarankan kepada pihak warga untuk melakukan kegiatan rutin berupa pembersihan sungai untuk menghindari tumpukan sampah, dan kepada pihak pemerintahan untuk melakukan pembuatan kebijakan terkait Sungai Cibagolo agar tumpukan sampah tidak terjadi, kedua hal tersebut dapat dilakukan sampai perbaikan bendungan yang rusak di Sungai Ciliwung.

VIDEO PILIHAN