Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis - Panggil saya Kang Adjat saja

Setiap tulisan akan menemukan takdirnya sendiri - Pramudya Ananta Toer

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Indonesia Vs Timor Leste, Kemenangan yang Meminta "Tumbal"

1 Februari 2022   19:23 Diperbarui: 1 Februari 2022   19:40 4681 28 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Timnas Indonesia sukses mengalahkan timnas Timor Leste dalam dua kali pertemuan pertandingan persahabatan yang bertajuk FIFA Matchday, dengan skor 7-1 yang berlangsung di stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Dalam pertemuan pertama, Kamis (27/1/2022) timnas Indonesia harus kecolongan 1 gol lebih dahulu dari Timor Leste. Gol Timor Leste tercipta akibat dari kesalahan Sani Rizky saat melakukan umpan silang, tapi kemudian direbut pemain Timor Leste, Paulo Gali yang langsung melakukan terobosan yang akhirnya berujung gol.

Bahkan menjelang akhir babak pertama, gawang timnas Indonesia hampir saja akan kebobolan lagi. Saat Edo Febriansah membuat blunder lewat operan yang direbut pemain lawan, sehingga bola dioper kepada Freitas yang berbuah penalti. Untung saja Syahrul Trisna berhasil menepis bola yang mengarah ke pojok kanan bawah gawangnya yang dieksekusi pemain Timor Leste, Mozinho.

Di babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain. Dedik Setiawan ditarik dan digantikan Ronaldo Kwateh. Arhan Pratama masuk menggantikan Edo sementara Ramai Rumakiek digantikan oleh Hanis Saghara.

Hasilnya, pada menit ke-64, sepakan kaki kiri Ricky Kambuaya dari ujung kotak penalti bersarang ke pojok kiri atas gawang Timor Leste. 1-1. Beberapa saat kemudian, tepatnya di menit ke-71, bola lemparan Pratama Arhan membentur satu pemain dan menghantam mistar gawang. Bola kemudian bergulir liar dan ditendangan oleh Irfan Jaya. Bola ini kemudian mengenai tangan kiri bek Timor Leste. 

Wasit pun menghadiahkan penalti bagi Timnas Indonesia. Di menit ke-72, Pratama Arhan sukses mengeksekusi penalti dari titik 12 pas. Bola bergulir masuk meski sempat terkena kiper Timor Leste. 2-1. 

Menit ke-75, Indonesia mencetak gol lagi. Kali ini berkat lemparan ke dalam Pratama Arhan. Kiper Timor Leste berusaha untuk memetik bola di udara. Namun pergerakannya terhalang oleh rekannya sendiri. Bola gagal dihalau dengan tangan kanannya dan bergulir masuk ke gawang sendiri. 3-1. 

Lemparan bola pemain muda dari PSIS, Semarang ini. Dianggap sebagai lemparan yang sangat luar biasa. Sehingga tidak hanya di dalam negeri saja banyak diperbincangkan, bahkan sampai tersiar ke mancanegara.

Menit ke-79, Indonesia menambah satu gol lagi. Kali ini berkat bunuh diri pemain bertahan Timor Leste. Mereka gagal mengantisipasi umpan silang Pratama Arhan dari sisi kiri dengan baik. 4-1.

Hanya saja meskipun berhasil meraih kemenangan, permainan timnas Indonesia justru mengundang banyak kecaman dari para pendukungnya lantaran kecewa dengan penampilannya yang tidak sesuai dengan harapan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan