Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis

Orang biasa. Tinggal di desa. Masih sedang belajar mengeja aksara.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ketika Anies Baswedan Mengaku Dirinya Keturunan Jawa Tulen

19 Juli 2020   06:00 Diperbarui: 19 Juli 2020   06:18 1535 19 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Anies Baswedan Mengaku Dirinya Keturunan Jawa Tulen
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (style.tribunnews.com)

Gubernur DKI Jakarta, Anies R. Baswedan, secara mengejutkan mengaku, bahwa dirinya adalah seorang yang berasal dari suku Jawa. Bukan keturunan Arab Sebagaimana yang diketahui publik selama ini.

Pengakuannya tersebut terungkap di akun Instagram @gusmiftah, saat mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu ngobrol dengan Gus Miftah, Kiai nyentrik yang berasal dari Jogjakarta, dan yang tenar karena sering berdakwah di tempat hiburan malam. 

Melalui unggahan video, Gus Miftah nampak datang ke Kantor Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (16/7). Mengenakan masker, keduanya ngobrol santai. 

"Saya hari ini bersama Mas Anies. Njenengan iki (Anda ini) Arab apa Jawa sih mas?" tanya Gus Miftah yang memakai blangkon hitam berstrip hijau. 

"Wong Yogjo (Orang Yogya) senengane gudeg (hobinya makan gudeg)," jawab Anies dengan logat Jawa Jogja yang kental.

"Banyak orang bertanya apakah Mas Anies amaliahnya sama kayak Gus Miftah? Beliau itu ahlussunnah tulen. Amaliahnya juga ahlussunah, orang ijo (hijau) seperti kita," kata pengasuh Pondok Pasantren Ora Aji, Kalasan, Sleman, Yogyakarta ini.

Bisa jadi publik pun akan bertanya-tanya, apa maksud Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya adalah seorang keturunan Jawa tulen yang berasal dari Jogjakarta.

Padahal sebagaimana diketahui dari biografinya, Anies dilahirkan di Kuningan, Jawa Barat. Sementara masa kecilnya hingga remaja memang tumbuh di Jogjakarta. 

Hanya saja tokh meskipun demikian, kalau melihat silsilah keluarganya, Anies terlahir dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliyah Rasyid. Adapun Rasyid Baswedan adalah putra dari pejuang kemerdekaan, Abdurrahman Baswedan.

Sedangkan nama Baswedan sendiri yang tercantum di belakang nama Anies, Rasyid, maupun Abdurrahman adalah sebutan untuk sebuah Bani, atau jika pada orang Batak dikenal dengan istilah marga, yang berasal dari jazirah Arab. Tepatnya dari negara yang sekarang disebut Yaman.

Selain dari namanya, secara sekilas pun publik dapat melihat dengan jelas dari bentuk wajah dan fisiknya. Anies tampak jelas sebagai seorang yang memiliki leluhur bangsa Arab. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN