Mohon tunggu...
MOH AINUR ROZIQIIN
MOH AINUR ROZIQIIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

haii aku biasa di panggil dareen Hobby aku menulis menonton film dan membaca buku.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sudahkah Kita Bersyukur untuk Semua Proses yang Telah Kita Lewati dalam Hidup?

4 Oktober 2023   06:16 Diperbarui: 4 Oktober 2023   06:27 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bersyukur (sumber: iStockphoto)

Dalam perjalanan hidup setiap manusia memiliki tujuan hidupnya masing masing mulai ada beberapa hal yang sudah terjadi atau tercapai dan ada juga yang masih proses untuk mencapainya. Tentu nya pada saat proses pencapaian tersebut ada beberapa hal pembelajaran dalam diri  yang berguna untuk kita kedepanya yang menjadikan diri makin berkualitas dan lebih siap dalam menjalani tantangan dalam hidup. Tapi ada satu kunci dalam hidup yang saya pegang teguh yaitu jangan pernah bandingkan perjalanan kita dengan orang lain karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing karena hidup bukan lah suatu perlombaan.

Menurut Meyerson, dkk 2015 dalam artikel Real Reason People Won't change di dalam artikel tersebut membahas dimana Bagaimana Persepsi Kita Membentuk Realitas Kita maksudnya adalah Asumsi besar mencerminkan cara kita menciptakan atau membentuk gambaran dunia dan kemudian mewujudkan penemuan kita menjadi kenyataan.

Ada beberapa pencapaian dalam hidup yang telah saya capai sejauh ini. yang pertama adalah dapat kesempatan untuk menjalani mimpi saya yang sempet tertunda yaitu berkuliah di jurusan ilmu komunikasi mungkin dahulu waktu kuliah S1 saya belum berkesempatan untuk menjalani mimpi saya tersebut. Tapi pada saat melanjutkan pendidikan jenjang ke S2 saya berkesempatan untuk melanjutkan mimpi saya yang sempat tertunda tersebut Walaupun saya tau pada proses pembelajaran ini tidak selalu lancar atau sesuai yang saya harapkan tapi saya sangat bersyukur dan bahagia telah sampai pada posisi ini.

Pencapaian hidup selanjutnya yaitu mendirikan sebuah platform yang bernama "kawan mendengarkan" ini merupakan salah satu impian saya juga dan sebuah pencapaian yang membuat saya merasakan haru yang luarbiasa, mungkin sahabat dekat saya telah paham betul salah satu impian atau pencapain dalam hidup saya yang ingin di raih yaitu membuat platform atau acara tentang kesehatan mental, saya  percaya bahwa sebaik baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi sesama. 

Selain itu platform ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai pemaham akan pentingnya kesehatan mental terutama usia remaja yaitu 15-24 tahun. Di mana usia remaja merupakan usia yang nantinya sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan memiliki kesehatan yang baik, karena sehat menurut WHO sendiri yaitu sehat fisik, mental dan sosial.


Pada platform kawan mendengarkan saya dan team telah berhasil membuat pameran yaitu "Art Exhibition and Discussion On Mental Health" dimana pada pameran ini berisikan tentang diskusi terbuka dengan narasumber yang berkompeten di dalamnya yaitu Psikolog dan berkerja sama dengan RSJ Grhasia, selain itu adanya pameran lukisan yang menggambarkan tentang kesehatan mental dari sudut pandang  Pelukis dimana kami juga berkerja sama dengan siswa dari SMKN 3 Kasihan. selain itu ada juga pameran tulisan dari saya pribadi yang saya pasang juga di acara tersebut. Didalam pameran tersebut juga kami ada beberapa kegiatan yang bisa di lakukan untuk pengunjung seperti art therapy, pohon harapan, melukis di kaos dan adanya doorprize.

Ketertarikan saya dalam Kontes Male Pagent membuat saya mencoba mengikuti kontes atau lomba tersebut semenjak saya dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA), mulai dari hanya lolos di seleksi awal, semifinalist sampai dengan menjadi finalis bahkan ada yang mencapai Juara, saya juga telah mengikuti dari mulai tingkat Kota/kabupaten, Provinsi bahkan puncaknya di tingkat nasional sudah saya lalui. bukan cuman satu dua kali bahkan beberapa kali saya mendaftarnya dan tidak sedikit yang mencibir saya dengan kata kata untuk apa ikut kalau tidak menang dan untuk apa ikut buang buang waktu saja mending fokus ke pendidikan. 

Sampai pada puncaknya pada bulan juni tahun 2022 saya mengikuti kontes Putra Putri Pariwisata Nusantara di Tingkat Nasional Mewakili Provinsi Lampung dengan hasil mendapatkan Juara 4 dengan gelar Putra Agrowisata Indonesia 2022 dan Mendapatkan gelar atribut Putra Kesehatan Indonesia 2022.

Saya ingin mencoba banyak hal selagi muda karena ketika sudah tua nanti saya tidak menyesal kenapa saya tidak mencoba sesuatu yang saya inginkan. Salah satu hal yang ingin saya gapai adalah menjadi seorang penulis dimana saya tau mimpi saya tersebut tidak lah mudah dan tentu banyak sekali rintangan. saya bersyukur pada tahun 2023 buku pertama saya telah rilis walaupun saya tau disini buku yang saya tulis belum memenuhi ekspetasi dari saya pribadi, Tapi setidaknya saya sudah belajar bagaimana membuat sebuah buku sampai buku tersebut di terbitkan dan di perjual belikan. 

Ilustrasi Bahagia sumber: ekonomisumsel.com
Ilustrasi Bahagia sumber: ekonomisumsel.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun