Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Guru - Jayalah Nusantara

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Kekhidmatan Guru di Seputar Bromo

29 November 2022   19:27 Diperbarui: 30 November 2022   08:40 563
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bapak dan Ibu Camat Sukapura didampingi Ketua PGRI Cabang Sukapura sedang mencanting di stan bazar SMPN 1 Sukapura.| Sumber: Dokumentasi Pribadi

Perjalanan pagi ini (Selasa, 29 November 2022) menuju Kecamatan Sukapura memacu adrenalin. Deretan kendaraan bermotor saling adu cepat menghindari rintik hujan untuk segera sampai di tujuan masing-masing.

Hampir pukul 07.00 WIB, menyempatkan berhenti di Kantor Korwil Digdaya (Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Kecamatan Sukapura-Kabupaten Probolinggo. Menuntaskan kewajiban presensi elektronik lewat aplikasi online e-Stamina.

Selanjutnya bergegas menuju Lapangan Sukapura. Tempat Upacara Hari PGRI ke-77 sekaligus Hari Guru Nasional Tahun 2022, Hari Korpri Ke-51, dan Hari Kesehatan Nasional Ke-58 yang akan dilangsungkan.

Suasana di lapangan sangat ramai. Grup drumband dan tari glipang dari kalangan pelajar sudah siap tampil. Para guru dan pegawai di lingkungan Kecamatan Sukapura bergegas membentuk barisan. Masyarakat juga banyak yang hadir untuk ikut menyaksikan jalannya upacara.

Tari Glipang oleh pelajar SD dan SMP, pembuka upacara bendera.| Sumber: Dokumentasi Pribadi
Tari Glipang oleh pelajar SD dan SMP, pembuka upacara bendera.| Sumber: Dokumentasi Pribadi

Tepat pukul 08.00 WIB, prosesi upacara dibuka dengan penampilan Tari Glipang. Tari tradisional Kabupaten Probolinggo yang diikuti oleh kalangan pelajar SD dan SMP di Kecamatan Sukapura. Tari keprajuritan yang melambangkan ketidaksukaan terhadap penjajah Belanda.

Amanah untuk Guru dan Pegawai

Selaku Camat Sukapura dan sekaligus inspektur upacara, Bapak Bambang Julius Wijanarko menyampaikan amanah agar para guru terus melakukan perubahan dan pembaharuan demi masa depan pendidikan.

Guru dan pemerintah di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga didorong untuk terus berinovasi. Mengubah cara pandang dan cara kerja. Memberikan layanan yang terbaik bagi peserta didik dan juga pendidik. Mewujudkan pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas dan memerdekakan.

Peserta upacara terdiri guru, pegawai, dan pelajar. | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Peserta upacara terdiri guru, pegawai, dan pelajar. | Sumber: Dokumentasi Pribadi

Jajaran Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) diharapkan mampu mewujudkan profesionalisme, dan memantapkan fungsi organisasi Korpri. Sehat selalu dalam bertugas, mampu berkontribusi melayani dan mempersatukan bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun