Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Guru - Jayalah Nusantara

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Badai PHK Ruangguru dan Kerja Cerdas Guru

19 November 2022   20:17 Diperbarui: 20 November 2022   14:15 1403
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: siswa dan guru. (sumber: KOMPAS/TOTO SIHONO) 

Kabar terbaru menggelinding begitu cepat di jagat media. Perusahaan startup Ruangguru telah melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Entah berapa jumlah pasti karyawan yang terkena PHK.

Mungkin sebanyak "ratusan karyawan" di berbagai level harus kehilangan pekerjaan di perusahaan yang didirikan oleh Belva Devara dan Imam Usman. 

Mengikuti jejak GoTo, perusahaan gabungan startup Gojek dan Tokopedia yang juga telah melakukan PHK terhadap 1.300 karyawannya. (Lihat Sumber)

Prediksi yang Terbukti

Krisis global 2023 sudah diwarning IMF (International Monetery Fund). Organisasi keuangan internasional yang beranggotakan 190 negara ini memperingatkan akan terjadinya situasi ekonomi sulit di tahun 2023.

Menurut IMF, beberapa negara akan gagal membayar utang, serta meramalkan resesi dan pasar yang suram. 

Tahun 2023 mirip resesi yang diperkirakan akibat Perang Ukraina, pandemi covid-19, inflasi, ekonomi Cina yang melambat, dan penguatan nilai tukar dolar AS. (Lihat Sumber)

Prediksi yang mendekati kenyataan dan telah dinyatakan oleh pemerintah untuk diantisipasi. Terbukti menghantam daya tahan perusahaan digital menjelang tahun 2023, khususnya startup yang sempat dibanggakan.

Startup jasa pendidikan termasuk sektor usaha yang sedikit mampu bertahan. Upaya yang dilakukan untuk bertahan melalui pengurangan biaya operasional, pengurangan promosi, hingga melakukan PHK. (Lihat Sumber)

Kerja Cerdas Guru

Sebagai startup (perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi), Ruangguru sempat menghebohkan dunia pendidikan nasional. Kehadirannya dianggap sebagai jawaban lambannya dunia pendidikan formal mengikuti kodrat zaman.

Begitu berpengaruhnya kehadiran Ruangguru yang mengusung digitalisasi pembelajaran di kelas maya. Sempat "meruntuhkan moral" para guru di kelas-kelas pembelajaran konvensional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun